Samsung Gandeng Rapper Lawan Apple

SEOUL – Samsung baru saja mendapatkan tanda tangan bintang hip-hop Jay-Z atas album terbarunya “Magna Carta Holy Grail,” yang diberikan secara gratis bagi sejuta pembeli pertama Samsung Galaxy S3, Galaxy S4 dan Galaxy Note 2.¬† Strategi ini merupakan senjata baru raksasa elektronik ini melawan pesaing terberatnya, Apple.

Para pemilik gadget raksasa asal Korsel ini hanya perlu  men-downloadnya melalui aplikasi khusus yang dapat didapat mulai 24 Juni mendatang. Artinya, para pengguna Samsung akan bisa menikmati album rapper ini tiga hari sebelum grand launching album terbaru Jay-Z.

Menurut laman cnet, kemitraan antara Samsung dan Jay-Z ini merupakan pendekatan yang berani di dalam pemasaran. Pasalnya, Samsung melansir promo tersebut dalam sebuah iklan televisi durasi tiga menit yang ditayangkan selama NBA Finals.

Samsung sendiri bakal membayar USD 5 atau Rp 50 ribu untuk masing-masing kopi album itu. Hal ini diprediksi bakal membuat “Magna Carta Holy Grail” menjadi album pertama yang meraih platinum hanya seminggu sebelum diluncurkan.

Bagi perusahaan Korea ini, kesepakatan dengan sang artis dinilai sebagai harga yang layak untuk mendapatkan kredibilitas ekstra di AS dalam pertempuran yang sedang berlangsung melawan Apple untuk pangsa pasar mobile.

Shawn Corey Carter lebih dikenal dengan nama panggung Jay-Z, adalah rapper Amerika, penulis lagu, produser rekaman, pengusaha, dan sekaligus sebagai suami dari diva Beyonce. Dia adalah salah satu artis hip hop paling sukses di Amerika dan memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 450 juta pada 2011. Dia telah menjual sekitar 50 juta album di seluruh dunia. (esy/jpnn)