Sampah Rumah Tangga Cemari Lingkungan

Bakti/BE
TERCEMAR : Daerah tepi sungai di Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menjadi tempat warga membuang sampah rumah tangga, Minggu (17/5).

BENTENG, Bengkuluekspress.com – Pemandangan tak sedap berupa tumpukan sampah berserakan bisa dilihat di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Dimulai dari daerah tepi jalan hingga daerah tepi aliran sungai.

Tokoh pemuda Kabupaten Benteng, Ersan mengaku prihatin kondisi lingkungan yang terus tercemar. Menurutnya, ini terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat (rumah tangga,red) dalam menjaga kebersihan.

“Membuang sampah bukan pada tempatnya masih terus terjadi. Inilah yang membuat lingkungan tercemar. Akibatnya, muncul bau tak sedap serta pencemaran air sungai. Masyarakat bisa membuat tempat sampah di sekitar lingkungan mereka masing-masing. Apalagi pekarangan di pedesaan masih sangat luas,” kata Ersan.

Meski demikian, apa yang terjadi saat ini bukan sepenuhnya salah masyarakat. Pemerintah Daerah (Pemda) melalui OPD teknis dinilai kurang agresif dalam menjalankan perannya.

“Coba saja jika ada bak penampungan sampah yang di sebar di sejumlah titik. Minimal di beberapa lokasi pada ruas jalan lintas. Ini bisa menjadi solusi. Pemerintah jangan abai dan tak peduli. Jangan sampai, lingkungan semakin tercemar oleh sampah rumah tangga dan limbah pabrik,” harapnya. (135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*