Sampah Menumpuk Pinggir Jalan

IST/Bengkulu Ekspress
MENUMPUK: Sampah di pinggir jalan Desa Gedung Agung, Pino menumpuk, tampak camat Pino saat memantaunya di lapangan, Selasa (11/12).

PINO, Bengkulu Ekspress– Warga Desa Gedung Agung, Pino mengeluhkan kondisi sampah di desanya. Pasalnya sampah menumpuk di pinggir jalan dekat jurang di desa tersebut. Padahal lokasinya pinggir jalan raya. Sehingga mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau tak sedap.

“ Sudah beberapa bulan ini, kami melihat ada tumpukan sampah di pinggir jalan ini,” kata Wati, salah satu ibu rumah tangga warga setempat.

Wati mengatakan, permasalahan sampah ini juga sudah disampaikan ke Camat kecamatan Pino. Pasalnya selain bisa menjadi sarang nyamuk, juga sewaktu-waktu jatuh ke sungai di bawahnya. Sehingga mengganggu aliran sungai yang merupakan tempat warga mandi hingga mencuri. “ Kami sudah sampaikan keluhan ini ke Camat, semoga bisa segera ditindaklanjuti,” katanya.

Camat Kecamatan Pino, Septi Aprida SSos membenarkan, kondisi sampah tersebut sudah disampaikan warga ke dirinya. Bahkan dirinya sudah turun langsung ke lapangan mengeceknya. Dirinya juga menyesalkan sikap warga yang sembarangan membuang sampah. “ Kami sudah cek, sepertinya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya masih kurang,” ujarnya.



Septi mengimbau warga, agar tidak lagi menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat pembuangan sampah. Sebab lokasi tersebut bukan tempat pembuabgan sampah. Dirinya berharap, warga bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sebarang tempat.

“ Sebagai antisipasi, nanti kami akan mintakan tong sampah atau container kepada dinas lingkungan hidup agar bisa menempatkannya di lokasi tersebut, sehingga tidak ada lagi warga membuang sampah sembarang tempat,” ujar Septi. (369)