Sampah Berserakan di RSUD Tais

Bengkulu
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Ketua DPRD Seluma Husni Thamrin SH MH dan rombongan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Tais, Seluma.

Apr 15, 2017 @ 12:41

SELUMA TIMUR, Bengkulu Ekspress – Ketua DPRD Seluma Husni Thamrin SH MH bersama rombongan Komisi II DPRD Seluma, kemarin (14/4/2017) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais. Saat sidak itu, rombongan dewan menemukan sejumlah ruangan pasien dipenuhi sampah yang berserakan.

“Untuk bangunan sudah cukup sehingga tidak perlu dianggarkan lagi, namun yang jadi masalahnya kebersihan ruangan pasien dan tumpukan sampah,” ujar Ketua DPRD Seluma Husni Thamrin SH MH kepada Bengkulu Ekspress disela sidak tersebut.

Husni menyesalkan kotak sampah berada di kamar perawatan pasien dalam jumlah banyak dan hal itu menimbulkan aroma tidak sedap. Bukan itu saja, sampah juga berada di ruang kamar mandi pasien. Tak hanya itu, kain pel dan handuk bertumpukan di ruang kamar mandi pasien.

“Kita temukan kain pel dari handuk bekas di kamar mandi pasien, banyak tumpukan sampah lama dibiarkan di tong sampah dekat rungan perawat. Karakter ini tidak mencerminkan hidup sehat,” sampainya.

Husni mengharapkan, kedepan kondisi seperti ini tidak terjadi lagi. Kebersihan dapur dan ruang gizi untuk pasien rawat harus ditingkatkan kebersihannya. Rumah sakit harus mencerminkan pola hidup sehat. Dengan harapan seluruh pasien yang berobat dan rawat inap bisa sembuh. Bukan sebaliknya seperti kondisi saat ini.

Selain itu juga, dewan mendapati banyak rumput yang tumbuh di selokan rumah sakit, air macet, tidak ada kipas angin atau AC di ruangan pasien. Beberapa kamar mandi yang diperiksa tampak tidak dibersihkan secara teratur. Menurutnya, kedatangan dewan ke rumah sakit itu menindaklanjuti laporan dan keluhan dari masyarakat. Bukan untuk untuk menyudutkan atau menyalahkan tetapi ini penting karena urusan wajib kedua pemerintah. Termasuk ini merupakan tugas DPRD Seluma sebagai fungsi pengawasan.

Sejauh ini Direktir RSUD Tais belum berhasil dikonfirmasi sehingga keterangan terkait menumpuknya sampah di RSUD Tais belum diperoleh (333)