Sampah Bawah Laut Dibersihkan

BERSIH BERSIH Puluhan penyelam yang terdiri dari LDC, Polair TNI dan masyarakat saat menyelam mempersihkan sampah bawah laut Linau, Minggu (198 (2)
BERSIHKAN BAWAH LAUT: Puluhan penyelam yang terdiri dari LDC, Polair, TNI dan masyarakat saat menyelam membersihkan sampah di bawah laut Linau, Minggu (19/8).

MAJE, Bengkulu Ekspress – Puluhan penyelam yang terdiri dari Laskar Diving Club (LDC), Dit Polair, TNI Al dan masyarakat setempat mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai menghadap ke laut di pantai Linau Kecamatan Maje Kabupaten Kaur. Pemilihan lokasi Pantai Linau ini, karena merupakan salah satu pulau tempat wisata pantai dan salah satu lokasi diving di Kaur.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kita dalam mendukung program kegiatan Menteri Kelautan. Dimana hari ini (kemarin) kegiatan serentak di seluruh Indonesia bersih-bersih pantai dan menghadap ke laut,” kata Ketua LDC Kaur, Sirajjudin Abas, kemarin (19/8).

Dikatakannya, kegiatan menghadap laut digelar serentak di seluruh Indonesia secara nasional di 73 lokasi dalam rangka HUT RI ke-73 tahun 2018 ini. Pantai Linau yang berada di Kecamatan Maje dan menghadap ke Samudera Hindia, menjadi pantai terpilih pantai yang ada di Provinsi Bengkulu. Melalui kegiatan tersebut, ia berharap, kunjungan wisata ke pantai Linau semakin meningkat.



“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita bersama pemerintah terhadap kebersihan wilayah bawah laut dan pantai Kaur,” terangnya.

Sementara itu, Kanit Polair Polres Kaur, Brigpol Andri Kusmawan yang ikuti turun langsung dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan, penyelaman dengan peralatan lengkap penyelam membersihkan sampah plastik yang menutup dan mengotori terumbu karang di perairan Linau. Ia juga mengklaim, sampah plastik tidak banyak ditemukan.  “Dari penyisiran selama dua jam penuh, puluhan penyelam hanya menemukan sedikit sampah di antara terumbu karang di pantai Linau. Dengan kegiatan ini saya mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan pantai dari sampah,” ajak Andri.(618)