Samisake Diluncurkan

Dr Fitriani Badar AP MSiPROGRAM Satu Miliar Satu Kelurahan atau lazim disingkat Samisake dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Kota Bengkulu, akan segera diluncurkan.  Hal ini dipastikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu Dr Fitriani Badar AP MSi, kemarin.
“InsyaAllah Jum’at (7/6) ini akan kita launching di Kelurahan Betungan pukul 08.00 WIB,” ujar peraih Kartika Astha Brtha Tahun 1997 dari Presiden Soeharto ini.
Jumlah dana yang dicairkan bagi Samisake PNPM ini, lanjutnya, sebesar Rp 3 miliar. Dana ini kata Fitriani berasal dari dana hibah APBD 2013. “Dalam waktu dekat dananya sudah cair. Karena dana ini merupakan dana hibah, maka pengajuannya sudah dilakukan ke DPPKA (Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset),” tuturnya ramah.
Dengan dana Rp 3 miliar, sambungnya lagi, Pemda Kota menargetkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi sebanyak 1.666 orang.
“Pihak PNPM sudah melakukan verifikasi terhadap siapa-siapa yang dinilai layak mendapatkan dana ini. Kami menyebutkannya dengan sebutan penerima manfaat,” tukasnya.
Sementara untuk Samisake jenis investasi, ditambahkan Fitriani, masih menanti lahirnya Peraturan Daerah (Perda) yang telah selesai disusun oleh pihak Bappeda Kota. “Tidak lama lagi akan kita serahkan kepada dewan untuk dibahas dan disahkan,” imbuhnya.
Di lain pihak, Kepala DPPKA Kota Bengkulu, Syaferi Syarief SH MSi membenarkan tentang pengalokasian dana hibah untuk Samisake PNPM ini. Katanya, dana ini besok sudah akan dicairkan. “Selasa ini (hari ini, red) dananya sudah kami serahkan,” bebernya. (009)