Sambut Tahun Baru Islam, PMJB Kabupaten Bengkulu Tengah Gelar Gerebeg Syuro

Bakti/BE GEREBEG SYURO : Kirab tumpeng menjadi salah satu agenda tahunan dalam gerebeg syuro yang dilakukan oleh PMJB Bengkulu Tengah saat menyambut 1 Muharam.
Bakti/BE
GEREBEG SYURO : Kirab tumpeng menjadi salah satu agenda tahunan dalam gerebeg syuro yang dilakukan oleh PMJB Bengkulu Tengah saat menyambut 1 Muharam.

BENTENG, BE – Menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1442 Hijriah. Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Bengkulu Tengah (Benteng), menggelar acara rutin setiap tahun, yaitu Gerebeg Syuro.Ditahun ini, acara digelar di kediaman penasihat PMJB Benteng sekaligus Wabup Benteng, Septi Peryadi STP di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Rabu (19/8) sore.

Ketua PMJB Benteng Sri Widodo SSos mengatakan, Gerebeg Suro acara tradisi tahunan dalam wujud pesta rakyat. Salah satunya adalah kirab tumpeng.

“Ini kegiatan dalam menyambut tahun baru Islam (Muharam,red) atau 1 suro dalam bulan Jawa.Ini salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan media dakwah dalam menyebarkan ajaran islam. Dengan harapan, kita semua terhindar dari mara bahaya,” kata Sri Widodo.

Pantauan BE, grebek syuro diawali dengan kirab tumpeng yang diikuti oleh rombongan anggota dan pengurus PJMB. Acara dilanjutkan dengan tahlil dan doa dipimpin oleh Ketua MUI Benteng Tarmizi.

Diketahui, Gerebek Suro pada 2020 ini kegiatan yang kedua, yaitu sejak PMJB Benteng terbentuk dua tahun lalu. Hadir dalam acara itu, diantaranya, Bupati Benteng Dr H Ferry Ramli SH MH, Ketua DPRD Benteng, Waka Polres, Dandim 0407 Bengkulu dan segenap masyarakat yang tergabung dalam PMJB. (135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*