Sambut HUT Kaur Gelar Festival Gurita dan Tour De Bencoolen


IRUL/Bengkulu EkspressRAPAT: Sekda Kaur saat memimpin rapat persiapan menyambut HUT Kabupaten Kaur ke-16 bersama OPD terkait di lantai II Pemda Kaur, Kamis (2/5).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Dalam rangka menyambut ulang tahun Kabupaten Kaur ke-16 yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2019 mendatang, Pemkab Kaur memastikan akan melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya akan menggelar Festival Gurita yang ke-2 serta Tour De Bencoolen. Kepastian ini setelah Pemkab Kaur menggelar rapat persiapan HUT Kaur ke-16 di aula lantai II Pemda Kaur, Kamis (2/5).

“Sehubungan dengan HUT Kaur tahun ini bertepatan dengan bulan puasa Ramadan, maka rangkaian kegiatan akan kita lebih sederhanakan yakni upacara, rapat paripurna dan buka puasa bersama,” kata Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi, kemarin (2/5).

Dikatakan Sekda, dalam HUT Kaur ke16 ini tetap saja ada kegiatan lain yakni perhelatan festival gurita akan diserentakkan dengan agenda Pemprov Bengkulu yakni Tour De Bencoolen, yang rencananya akan dibentang pada 26-28 Juni 2019 dengan rute Kaur-Kepahyang. Nanti kegiatan ini akan dimulai di Pantai Laguna dan lapangan Merdeka sebagai tempat start.



“Jadi nanti start-nya di Pantai Laguna dan lapangan Merdeka serta menjadi tempat digelarnya open ceremony dan gala dinner pelaksanaan Tour De Bencoolen,” tutur Sekda.

Lanjutnya, untuk Tour De Bengcoolen yang merupakan lomba balapan sepeda berskala internasional ini, akan diikuti pebalap dari dalam dan luar negeri yang diestimasi sekitar 160 orang. Sehingga momen ini menjadi kesempatan emas bagi Kaur untuk mempromosikan potensi wisatanya ke dunia luar. “Untuk itu saya mengimbau kepada semua pihak mari sukseskan agenda ini, buat mereka nyaman dan berikan pelayanan terbaik,” tegas Sekda.

Dalam rapat yang dihadiri Ketua I DPRD Kaur, Pabung Dim 0407, Kasat Lantas Polres Kaur, Kepala OPD, Kabag dan camat se-Kabupaten Kaur serta pengelola destinasi wisata Laguna. Juga direncanakan dalam waktu bersamaan, festival gurita sendiri akan menampilkan aneka olahan berbahan gurita seperti sate, gulai, kerupuk dan lain sebagainya berbahan baku gurita. Disamping itu, juga akan digelar pameran kuliner khas Kaur, tari-tarian dan potensi Kaur lainya.

“Untuk suksesnya acara ini, kami dari Pemkab Kaur juga tentunya mengharapkan dukungan dari masyarakat dan semua pihak sehingga acara sesuai dengan yang kita harapkan, dan semoga acara ini kita berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (618)