Sambut Baik Program BPJS Ketenagakerjaan

LUBUKLINGGAU, BE – Pemerintah Kota Lubuklinggau menyambut baik adanya kegiatan dari Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Bumi Sebiduk Semare dengan program “Tanya Saya” dengan memusatkan kegiatan itu di Lubuklinggau.
Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menjelaskan, dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, merupakan bukti nyata adanya jaminan kerja terhadap pegawai.
“Program ini kita optimalkan untuk Kota Lubuklinggau, tidak hanya aparatur, tapi pihak swasta dan masyarakat juga bisa memanfaatkan program ini,” ujar Prana Putra Sohe.
Ditambahkannya, dengan ada program ini, jaminan terhadap tenaga kerja benar-benar ada. Meskipun semua orang sebenarnya tidak berharap musibah terjadi.
Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, Utami Ningsih, mengatakan program “Tanya Saya” itu untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat terhadap BPPJS Ketenagakerjaan. “Sekaligus dimaksudkan untuk menjelaskan program-program BPJS Ketenagaakerjaan yang tadinya Jamsostek sekarang menjadi badan,” ujar Utami .
Ia menambahkan, pihaknya akan mengadakan kegiatan “Tanya Saya” pada April mendatang . “Kegiatan ini akan kita lakukan setelah selasai memberikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan dalam bekerja yang dialami seorang pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Lubuklinggau senilai Rp 114,673 juta,” katanya.
Ditambahkan Utami, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan tergantung upah atau gaji yang dilaporkan kepihaknya. “Empat puluh delapan kali gaji atau upah yang dilaporkan ke kita, ditambah biaya pemakaman Rp2 juta. Lalu santunan berkala Rp 200 ribu perbulan selama 2 tahun,” pungkasnya .(222)