Sambangi Pasar Ramadhan

IMG_1819CURUP, BE – Cara unik dilakukan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadipenda) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Hj Susilawati SE MM dalam membina para pedagang.
Sekitar pukul 14.30 WIB, Sabtu (13/07)
istri orang nomor satu di RL menjaring keluhan dan saran para pedagang dengan cara berbelanja makanan dan minuman berbuka puasa di Pasar Ramadhan yang berada di kawasan Pasar Bang Mego Curup.
Wanita yang akrab disapa Ibu Sus itu, bahkan tanpa sungkan membungkus makanan yang akan dibelinya lalu membayar sendiri makanan yang jual dari para pedagang meski hanya sedikit. “Bagaimana ibu-ibu, lancar jualannya? InsyaAllah laris,” tutur Ibu Sus menyapa ramah sejumlah pedagang.
Sapaan itu disambut hangat para pedagang, karena tidak menyangka ada kunjungan istri Bupati RL. “Waii ibu Sus, apa kabar bu? Belilah bu jualan kami,” jawab salah satu pedagang.
Tidak hanya bercengrama dengan para pedagang, Ibu Sus juga tampak menyapa beberapa pengunjung pasar yang dijumpainya. Lalu bersamalaman, sedikit bercengrama kemudikan mengakhiri pertamuan dengan seyuman. “Dimana kini tinggal, main ke rumah dinas bu, kita ngobrol,” sapa ibu Sus kepada wanita berjilbab yang tampak cukup dikenalinya.
Pantauan wartawan, setidaknya setiap pedagang tidak luput untuk dihampiri Ibu Sus, kebiasaan itu dilakukannya setiap kali bulan suci Ramadhan dengan membawa serta staf dan jajarannya di Dinas Pendapatan Daerah. “Biar Kabid, Sekretaris di Dipenda ini dikenal dengan pedagang, jadi mudah kita kedepan untuk mensosialisasikan program pemerintah, khususnya soal kewajiban Pajak Bumi dan Bangunan, serta pajak daerah dan retribusi daerah kepada yang wajib membayarnya. Kalau dengan kekeluargaan seperti ini saya rasa lebih enak dari pada harus formal,” tutur Ibu Sus. (999)

  • Eichel 22 Juli 2013 at 15:51

    Lebay..!!!