Salurkan Solar 4 Ribu Liter Pasca Banjir


BENGKULU, Bengkulu Ekspress – PT Pertamina (Persero) dan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) menyalurkan bantuan sebanyak 4 ribu liter solar untuk Bengkulu. Bantuan disebar ke empat wilayah yang terdampak bencana banjir dan longsor, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.

Manajer Komunikasi dan CSR Regional Sumbagsel Pertamina, Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, solar akan didistribusikan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di keempat titik tersebut. “Lalu dapat diambil oleh pihak Ditjen Migas atau pihak yang ditunjuk dengan membawa surat keterangan resmi,” kata Rifky, Kamis (2/5).



Seperti diketahui, bantuan solar untuk Kota Bengkulu berjumlah sebesar 280 Liter, Kabupaten Bengkulu Tengah 2.100 Liter, Kabupaten Bengkulu Selatan 700 Liter, dan Kabupaten Kaur 700 Liter. Bantuan solar ini berlaku selama tujuh hari terhitung mulai 1 hingga 7 Mei 2019. “Kami berharap, dukungan ini bisa mempercepat pemulihan Bengkulu,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan selalu memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan LPG untuk masyarakat Bengkulu berjalan normal. Beberapa cara yang dilakukan yakni dengan menyiapkan pasokan alternatif dari Terminal BBM Lubuk Linggau dan memperpanjang waktu operasional Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) untuk penyaluran LPG.

“Selain BBM dan LPG, kami juga turut menyalurkan obat-obatan, air kemasan, beras, telur, mie instan, popok sekali pakai, dan bright gas untuk beberapa posko pengungsian di Bengkulu,” ujar Rifky.

Diketahui, Bencana banjir Bengkulu terjadi pada 27 April 2019 telah membuat 30 orang meninggal dunia dan kerugian material ditaksir mencapai Rp 144 miliar. Dengan adanya bantuan solar ini diharapkan bisa membantu proses pencarian korban yang belum ditemukan.  “Kami berharap penyaluran solar ini bisa mempercepat proses tanggap bencana disana,” tutupnya.(999)