Salurkan Benih Jagung

IST/Bengkulu Ekspress PANTAU: Kadistan Bengkulu Selatan saat memantau dan ikut panen raya di lahan kebun jagung warga di Desa Padang Bindu, Kedurang Ilir, Jum’at (31/5).

KEDURANG ILIR, Bengkulu Selatan– Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS), Sukarni Dunip SP MM mengatakan, saat ini lahan kebun jagung di Bengkulu Selatan sudah seluas 14 ribu hektar. Ke depan, dirinya menargetkan lahan kebun jagung di Bengkulu Selatan bisa mencapai 20 ribu hektar. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong warga memanfaatkan lahan kosong sebagai lokasi kebun jagung.

“ Untuk mendorong warga mau menanam jagung, saat ini kami memberikan bantuan bibit jagung secara gratis,” katanya saat acara panen jagung di Desa Padang Bindu, Kedurang Ilir, Jum’at (31/5).

Sukarni memberikan apreasi kepada petani di desa tersebut. Sebab mampu memanfaatkan lahan terbengkalai menjadi kebun jagung. Bahkan warga desa tersebut mampu membuka lahan seluas 50 hektar dengan hasil 6 ton per hektar. “ Jangan biarkan ada lahan terbengkalai, dengan ditanami jagung bisa meningkatkan perekonomian keluarga,” ujarnya.

Untuk itu,dalam kesempatan tersebut dirinya menyalurkan bantuan benih jagung kepada petani desa setempat dengan luas lahan 200 hektar. Setiap hektar diberikan bantuan benih 25 kg. Dirinya berharap, kebun jagung warga bisa produksi maksimal. “ Tahun ini, kami menyalurkan bantuan benih jagung dengan luas lahan hingga 2.914 hektar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sukarni juga meminta para peternak dapat mendukung program jagung pemerintah dengan selalu mengkandangkan ternaknya.Sebab permasalahan yang dihadapi para petani jagung di Bengkulu Selatan yakni ternak yang tidak dikandangkan. “ Kunci sukses petani jagung di Bengkulu Selatan yakni dengan ternak dikandangkan,” pungkas Sukarni. (369)