Saling Menghormati di Bulan Ramadhan

Gusnan Mulyadi SE MM

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Saat ini sudah memasuki bulan suci ramadhan atau bulan puasa. Hari ini merupakan puasa dihari kedua, oleh karena itu, Pelaksana tugad (plt) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengimbau seluruh warga Bengkulu Selatan agar saling menghormati. “ Selama ramadhan ini, saya harap kita bisa saling menghormati,” katanya.



Gusnan mengatakan, di Bengkulu Selatan ini tidak hanya ada umat islam. Oleh karena itu, umat islam juga menghormati umat lain yang tidak menjalankan ibadah puasa. Begitu juga sebaliknya, umat lain tidak makan dan minum di tempat terbuka.Selain itu juga,ada juga umat islam yang tidak puasa seperti sedang haid dan ibu menyusui.  “ Bagi yang tidak puasa, saya harap tidak makan dan minum di tempat terbuka,” ujarnya.

Gusnan juga mengimbau para pemilik rumah makan di Bengkulu Selatan agar dapat menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Dirinya meminta semua rumah makan atau warung makan di Bengkulu Selatan, agar tidak terbuka lebar seperti di luar bulan puasa.

“ Rumah makan atau warung makan yang tetap buka di bulan puasa, harus pakai tabir, sehingga orang yang makan di dalamnya tidak terlihat oleh masyarakat umum,” imbaunya.

Gusnan menambahkan, bulan suci ramadahan ini merupakan bulan penuh berkah dan ampunan, dirinya mengajak umat islam, selain menunaikan ibadah puasa, namun juga melaksanakn ibadah sunah lainnya seperti tadarusan, salat taraweh dan salat witir. “ Mari kita selalu makmurkan masjid selama ramadhan ini, kita isi dengan kegiatan yang positif,” ajak Gusnan. (369)