Salat Id di Ratusan Lokasi

Panitia tengah membagikan hewan qurban kepada warga yang di nilai layak menerima
BAGIKAN: Panitia tengah membagikan hewan kurban kepada warga yang dinilai layak menerima, kemarin (22/8).

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Umat Islam yang tersebar di belasan kecamatan di Kabupaten Mukomuko, telah menggelar salat Idul Adha, pada Rabu (22/8) pagi. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman. Tidak kurang dari ratusan lokasi atau titik umat muslim/muslimah menggelar salat secara serentak. Baik itu di dalam masjid maupun di lapangan terbuka.

“Mayoritas masyarakat menggelar salat Id di dalam masjid, tetapi ada juga yang menggelar di lapangan terbuka,”ungkap Plt Kepala Kemenag Kabupaten Mukomuko, H Widodo melalui Kasi Binmas, Drs H Harmaini.

Menurutnya, setelah menggelar salat Id, masyarakat melanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Yang selanjutnya daging hewan kurban oleh panitia kurban dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan ditentukan oleh panitia kurban di masing-masing lokasi. Jumlah hewan qurban yang terdata jajarannya mencapai 711 ekor yang tersebar di 15 kecamatan di daerah tersebut. Kecamatan Pondok Suguh sebanyak 71 ekor terdiri dari kambing 36 ekor dan sapi 35 ekor.

Kecamatan Sungai Rumbai sebanyak 41 ekor terdiri dari kambing sebanyak 23 ekor, sapi 16 ekor dan kerbau 2 ekor. Kecamatan Selagan Raya sebanyak 21 ekor terdiri dari kambing 13 ekor, sapi 7 ekor dan kerbau 1 ekor. Kecamatan Air Dikit sebanyak 23 ekor terdiri dari kambing sebanyak 3 ekor, sapi 19 ekor, dan kerbau 1 ekor. Kecamatan Malin Deman sebanyak 23 ekorterdiri dari kambing sebanyak 10 ekor, sapi 7 ekor dan kerbau 6 ekor.



Sementara untuk Kecamatan Teramang Jaya sebanyak 41 ekor terdiri kambing sebanyak 14 ekor, sapi 14 ekor dan kerbau 13 ekor. Kecamatan Teras Terunjam sebanyak 31 ekor terdiri dari kambing 14 ekor, sapi 17 ekor. Kecamatan Lubuk Pinang sebanyak 79 ekor terdiri dari kambing 8 ekor, sapi 68 ekor. Kecamatan Air Manjunto sebanyak 73 ekor, terdiri dari kambing 3 ekor dan sapi 70 ekor. Kecamatan Penarik sebanyak 84 ekor terdiri dari kambing 18 ekor dan sapi 66 ekor.

Kecamatan Ipuh sebanyak 50 ekor terdiri dari kambing 3 ekor, sapi 46 ekor dan kerbau 1 ekor. Kecamatan XIV Koto sebanyak 52 ekor terdiri dari kambing sebanyak 5 ekor, sapi 47 ekor. Kecamatan Air Rami sebanyak 32 ekor terdiri dari kambing 4 ekor, dan sapi 28 ekor. Kecamatan V Koto sebanyak 17 ekor terdiri dari kambing 3 ekor dan sapi 14 ekor. Untuk Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak 76 ekor, terdiri dari kambing 7 ekor, sapi 64 ekor dan kerbau sebanyak 5 ekor.(900)