Salat Id di Masjid Agung

Doni/Bengkulu Ekspress TAHAP PEMBANGUNAN: Kondisi masjid Agung yang masih dalam tahap pembangunan akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan salat id.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mulai memfungsikan bangunan Masjid Agung. Pemanfaatan bangunan masjid diawal dengan pelaksanaan salat Idul Fitri (Id) 1440 hijriah atau lebaran nanti yang dilaksanakan dilantai 1 bangunan masjid.

Kasubag Agama Bagian Kesra Setda Kepahiang, Mashuri Renoldi mengatakan, pelaksanaan salat id di Masjid Agung sudah diputuskan dalam rapat bersama Pemkab Kepahiang dan jajaran serta tokoh-tokoh terkait. “Dalam rapat sudah disepakati jika pelaksanaan salat Id akan digelar di Masjid Agung Baitul Hikmah,” ungkap Reno Akay.



Ia menjelaskan, prediksi jamaah yang akan mengikuti salat id sebanyak 400 orang. Terdiri dari gabungan ASN dan masyarakat Kabupaten Kepahiang. Sehingga panitia juga melaksanakan persiapan-persiapan supaya salat bisa berlangsung khusuk.

“Karena bangunan masjid memang belum selesai, jadi disiapkan juga tenda, kemudian dindingnya dipagar. Semua sudah diserahkan ke Dinas PU untuk memfasilitasi tempatnya,” kata Reno.

Selain itu, panitia juga berkerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan PDAM Tirta Alami agar menyiagakan mobil tangki air untuk sarana wuduh bagi jamaah.  Adupun imam dan khotib salat Id di Kabupaten Kepahiang akan dipimpin oleh Dr H Mawardi Lubis MPd yang juga dosen pengajar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. (320)