Salat Gerhana

DIKETAHUI jika Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepahiang bisa menyaksikan fenomena langka supermoon pada 31 Januari 2018 sekitar pukul 20.26 WIB mendatang. Fenomena langkah tersebut hendaknya dimanfaatkan untuk melaksanakan ibadah, agar dapat lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta alam semesta ini.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang mengajak seluruh masyarakat sehasen agar menyambut Gerhana Bulan Total (GBT) 2018 dengan melaksanakan salat gerhana.

Sehubungan dengan fenomena Gerhana Bulan Total tersebut, Kemenag menganjurkan kepada takmir masjid dan seluruh kaum muslimin agar melaksanakan salat gerhana pada waktunya.

“Sebagaimana disunnahkan Rasulullah SAW untuk efektifitas waktu pelaksanaan salat gerhana dimaksud dapat dilaksanakan dengan khutbah setelah salat Isya berjama’ah dengan memperbanyak takbir, tahmid dan tasbih,” ungkap Kasubag TU Kemenag Kepahiang, Zulfakar Alamsyah, Minggu (28/1).

Adapaun Gerhana Bulan Total (GBT) akan berlangsung sekitar tiga jam pada Selasa 31 Januari 2018 dimulai pukul 18:48:22 WIB, walau gerhana total 19:51:42 WIB dan puncak gerhana 20:29:46 WIB hingga akhir Gerhana 22:11:11 WIB. “Kita ajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana,” ujarnya.

Waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah sesaat setelah moonrise atau saat bulan baru saja muncul dari garis horison. Moonrise di Indonesia diperkirakan terjadi pada 18.08 WIB. (320)