Salah Masuk Pit Lane, Raikkonen dan Ricciardo Kena Penalti

KANADA – Apes benar nasib Kimi Raikkonen. Ambisi pembalap Lotus tersebut untuk menempel ketat gacoan Red Bull, Sebastian Vettel harus menemui jalan terjal. Setelah hanya bisa mencatatkan waktu terbaik kesembilan, Raikkonen malah harus terkena penalty.

Gara-garanya, pembalap asal berbaris di pit lane ketika balapan dihentikan karena insiden yang menimpa Felipe Massa. Dengan hukuman tersebut, Raikkonen akan memulai balapan dari posisi kesebelas atau turun dua peringkat.

Hal tersebut tentu menjadi pukulan telak bagi Raikkonen. Sebab, dengan kondisi itu, peluangnya untuk menjuarai balapan di Kanada tentu semakin kecil. Efek dominonya, keinginannya untuk menempel ketat Vettel bisa jadi berantakan.

Saat ini, Raikkonen ada di posisi kedua klasemen sementara dengan 86 poin. Sementara, Vettel ada di urutan pertama dengan koleksi 107 angka.

Tak hanya Raikkonen yang mengalami sial. Pembalap Toro Rosso, Daniel Ricciardo juga bernasib sama. Dia juga mesti menjalani balapan dengan turun dua posisi. Sebelumnya, Ricciardo menduduki catatan waktu terbaik kesepuluh. Dengan hukuman itu, Ricciardo harus memulai balapan dari urutan ke-12.

Kedua pembalap tersebut dinyatakan bersalah karena melanggar pasal regulasi FIA 23.6. Sebenarnya masih ada tiga pembalap lain yang juga berpotensi mengalami nasib seruppa. Mereka ialah Jean Eric Vergne, Pastor Maldonado dan Sergio Perez.

Namun, ketiga pembalap tersebut dinyatakan bebas setelah investigasi yang dilakukan pengawas balapan ternyata tak menunjukkan kesalahan dari mereka. (jos/jpnn)