SAKIP Ditarget Predikat B

ARY/Bengkulu Ekspress Kepala Bappeda Rejang Lebong saat pembukaan kegiatan sosialisasi dan Bimtek Perencanaan di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong Kamis (13/6) kemarin. Dalam kesempatan tersebut Pemda Rejang Lebong menargetkan SAKIP di Rejang Lebong predikatnya naik minimal menjadi B.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menargetkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mencapai predikat B. Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut yaitu dengan menggelar bimbingan teknis perencanaan.

“Hari ini kita menggelar Bimtek Perencanaan, sebagai salah satu upaya kita agar SAKIP bisa meraih predikat B di tahun 2019 ini,” sampai Kepala Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, Asli Samin MKes usai pembukaan kegiatan sosialisasi dan Bimtek perencanaan di ruang Pola Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (13/6) kemarin.

Rejang Lebong menargetkan SAKIP mendapat predikat B, karena menurut Asli Samin saat ini predikat SAKIP di Rejang Lebong masih C. Dengan masih predikat C tersebut, maka menurutnya masih sangat kurang dari yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. “Target minimal kita yaitu predikat B namun tentu kita berharap bisa meraih lebih dari itu,” tambah Asli Samin.

Terkait dengan SAKIP sendiri, Asli Samin menjelaskan bahwa SAKIP adalah penilaian terhadap kinerja akuntabilitas kinerja pemerintahan khususnya pada sistem perencanaan, pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.



Asli Samin berharap adanya peningkatan predikat SAKIP sendiri, diharapkan bisa menambah prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam beberapa tahun terakhir seperti diraihnya WTP, kemudian Rejang Lebong menduduki pringkat keempat dari sebelumnya sembilan terkait dengan penilaian penyelanggaraan pemerintah daerah.

“Kegiatan sosialisasi dan Bimtek hari ini, fokus utama kita adalah menguatkan pemahaman para kepala OPD dan bidang prencanaan untuk bisa menyelaraskan program yang terintegrasi dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu menjadikan Rejang Lebong sehat, cerdas, taqwa dan sejahtera,” sampai Asli Samin.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengingatkan seluruh OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk terus melakukan perbaikan tak terkecuali dalam sistem perencanaannya.

Dengan adanya kegiatan kemarin, bupati berharap tidak ada lagi bidang perencanaan di masing-masing OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tidak paham tugasnya. Karena menurut bupati dengan pahamnya bidang perencanaan terhadap tugasnya maka akan berdampak pada percepatan pembangunan di Kabupaten Rejang Lebong.

“Masing-masing OPD harus memahami perencanaan masing-masing khususnya mereka di bidang perencanaan, sehingga target-target yang kita tetapkan tercapai dan mempercepat proses pembangunan,” pesan bupati. (251)