Rusun untuk MBR Mulai Dibangun

ARY/Bengkulu Ekspress. Bupati Rejang Lebong saat meletakkan batu pertama pembangunan Rusun untuk MBR di Desa Air Meles Atas Selasa (24/4) siang.
ARY/Bengkulu Ekspress. Bupati Rejang Lebong saat meletakkan batu pertama pembangunan Rusun untuk MBR di Desa Air Meles Atas Selasa (24/4) siang.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pembangunan Rumah Susun (Rusun) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mulai dibangun di Kabupaten Rejang Lebong. Mulainya pembangunan Rusun tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawan Pemukiman (DPUPRPKP) Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST menjelaskan pembangunan RUsun tersebut merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 lalu.

“Pembangunan Rusun ini bermula dari usulan kita tahun 2017,” terang Yusran.

Dari usulan tersebut, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR mengabulkan usulan tersebut sehingga akhirnya disiapkan anggaran sebesar Rp 13,2 miliar. Pembangunan Rusun tersebut dilakukan diatas lahan milik Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang ada di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang. Luas lahan yang digunakan untuk pembangunan Rusun tersebut seluas 1 hektar, bangunan yang akan dibangun sebanyak 42 unit rumah tipe 36 dengan bentuk bangunan tiga lantai.

“Pada tahun 2019 kita kembali mengusulkan pembangunan 2 Rusun satu masih dilokasi ini, satu lagi di Ponpes Al Hijaz Air Kati Kecamatan Kota Padang untuk asrama Santri,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pembangunan Rusun di Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Dalam kesempatan tersebut bupati juga memastikan yang akan menempati Rusun tersebut adalah masyarakat Rejang Lebong yang benar-benar layak yang akan akan dilakukan kroscek ke lapangan untuk memastikan kelayakan mereka.

“Kita akan pastikan mereka yang menghuni ini adalah mereka yang layak menempati Rusun ini,” janji bupati.

Selain itu, bupati juga mengharapkan Kementerian PUPR bisa melakukan pembangunan Rusun lainnya di Kabupaten Rejang Lebong. Bupati memastikan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan memenuhi semua persyarakat yang diinginkan oleh pemerintah pusat untuk pembangun Rusun lain di Kabupaten Rejang Lebong.

“Lahan di Kabupaten Rejang Lebong ini masih sangat luas, kami siap menyiapkan segala persyarakat untuk bisa membangun Rusun lagi di Kabupaten Rejang Lebong ini,” terang bupati.

Menanggapi permintaan dari Bupati Rejang Lebong terkait penambahan pembangunan Rusun di Kabupaten Rejang Lebong, Perwakilan dari Dirjen Penyedia Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ri, Ir Kuswardono MCP akan menyampaikan permintaan bupati ke Dirjen Penyedia Perumahan. Ia berharap bupati juga akan berkomunikasi langsung dengan Dirjen sehingga usulannya lebih maksimal.

“Nanti apa yang diharapkan pak bupati akan kita sampaikan ke Dirjen, mudah-mudahan bisa direalisasikan,” harap Kuswardono

Disisi lain, ia juga mengharapkan pantauan dari semua pihak terkait dengan proses pembangunan Rusun untuk MBR di Rejang Lebong ini. Jangan sampai kualitas yang dihasilkan nanti tidak bagus, sehingga masyarakat yang dirugikan.

“Kami juga meminta agar yang akan menempati ini nanti langsung dicarikan, sehingga saat bangunan selesai bisa langsung ditempati,” paparnya.

Bangunan Rusun untuk MBR ini sendiri, menurut Kuswardono sudah lengkap mulai dari fasilitas didalam rumah hingga air dan listrik, sehingga calon penghuninya cukup membawa pakaian saja. Hanya saja sifat dari Rusun ini nanti adalah sewa, bukan hak kepemilikan, namun untuk besarannya nanti akan ditentukan dikemudian hari.

Kegiatan peletakan batu pertama Rusun untuk MBR kemarin dihadiri oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali ST, Dandim 0409/ Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman SSos, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva SIK dan unsur FKPD dan OPD Rejang Lebong.(251)