Rusli Yakub Berpeluang Besar Diusulkan Nasdem


foto Rusli Yakub

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pertarungan pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) Bengkulu tinggal menunggu keputusan dari Partai Nasdem sebagai satu dari empat partai politik (parpol) pengusung. Nama Rusli Yakub dinilai paling kuat mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, dibanding Dedi Hermansyah dari dua nama yang diusulkan ke DPP Nasdem.

Hal tersebut diyakini, lantaran Rusli Yakub memiliki kedekatan kuat dengan pengurus DPP Partai Nasdem di pusat. Terlebih hubungan antara Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu, Ferry Ramli sangat dekat dari sisi keluarga. Bahkan saat ini Rusli Yakub diamanahkan menjadi Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Seluma.

“Yang jelas, sekarang kita tunggu dulu rekomendasi dari DPP. Apapun keputusan DPP itulah yang terbaik,” terang Rusli Yakub saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (13/6).

Rusli menegaskan, jika dirinya diamanahkan dari DPP Partai Nasdem untuk menjadi calon wagub, dirinya menyatakan siap. Termasuk nantinya, ketika dua nama ke Gubernur yaitu Rusli Yakub dan Muslihan DS dari Partai Nasdem, ia menegaskan siap untuk menang dan kalah dalam pemilihan di DPRD Provinsi Bengkulu. “Kalau keputusannya kita diamanahkan, maka saya katakan saya siap,” ungkapnya.

Begitupun ketika dipilih menjadi Wagub, Rusli menegaskan siap untuk bersinergi ikut membantu kinerja Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah dalam mengelolah birokrasi dan pembangunan di Bengkulu. Sebab, dari sisi pengalaman Rusli Yakub sendiri pernah bergelut selama 30 tahun diwilayah birokrasi sebagai abdi negara di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Saya siap untuk mengabdikan diri untuk Provinsi Bengkulu. Apapun yang ditanggungjawabkan kepada saya. Membantu gubernur untuk memajukan Provinsi tanah kelahiran saya,” papar Rusli.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini memang sudah mengerucut dua parpol untuk menentukan dua cawagub, yaitu dari Partai Nasdem dan Partai Hanura. Hanya saja, untuk rekomendasi masih menunggu keputusan dari DPP Partai Nasdem. “Kita tunggu saja, rekomendasinya,” terang Rohidin.

Meski demikian, dari calon wagub yang ada, termasuk nama Rusli Yakub, gubernur menegaskan cocok ketika mendepatkan rekomendasi. Termasuk nantinya, jika dipilih oleh DPRD nama Rusli Yakub maka dirinya meyakini bisa bersinergi membangun Bengkulu. “Siapapun calonnya saya cocok saja. Asal sama-sama mau membangun Bengkulu,” paparnya.

Untuk itu, Rohidin menegaskan, ketika parpol pengusung telah menentukan dua nama cawagub maka untuk segara diserahkan kepada gubernur. Sehingga dua nama itu bisa langsung diserahkan ke DPRD Untuk dipilih satu orang wagub definitif. “Kalau sudah ada, segara kirimkan nama-namanya,” pungkas Rohidin. (151)