Rumah Warga Kaur Terbakar, Kerugian Rp 50 Juta

TERBAKAR: Kondisi rumah Amlan di Desa Darat Sawah yang ludes terbakar. Bupati Kaur bersama OPD terkait juga turun langsung ke lokasi, dan memberikan bantuan, Rabu (19/8).

KELAM TENGAH, bengkuluekspress.com – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Kaur. Kali ini menimpa rumah Amlan (60), warga Desa Darat Sawah Kecamatan Kelam Tengah. Akibatnya seluruh isi rumahnya ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi Selasa (18/8) malam. Akibat kebakaran yang diduga api berasal dari sisa kayu bakar saat memasak air di dapur itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta.

“Dari hasil olah TKP api itu diduga berasal bekas kayu bakar dari masak air di dapur, dan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Tapi karena musibah ini, korban mengalami kerugian Rp 50 juta,” kata Kapolres Kaur AKBP Puji Prayitno S IK MH melalui Kapolsek Tanjung Kemuning IPTU Rabnus Supandri SSos, kemarin (20/8).

Dikatakan Kapolsek, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Kejadian itu bermula dari pemilik rumah pada saat itu sekitar pukul 20.00 WIB memasak air di dapur dan sekira pukul 20.30 WIB pemilik rumah keluar dari rumah dengan maksud untuk bermain domino di salah satu rumah warga yang akan melaksanakan hajatan dan lupa mematikan api yang ada di dapur. Nah sekira pukul 21.00.WIB Ilim Yarsi (saksi) melihat asap dan api sudah besar pada di bagian atas atap rumah dan warga berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya namun karena api sudah sangat besar sehingga api tersebut tidak dapat dipadamkan. Akan tetapi warga tetap berusaha memadamkan api agar tidak membakar rumah tetangga.

“Untuk pemilik rumah hanya tinggal sendirian di rumah itu dan juga pemilik rumah memang mengalami gangguan jiwa. Untuk sementara ini pemilik rumah tinggal di rumah anaknya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. Dengan kejadian ini kita minta kepada warga agar lebih hati-hati,” imbaunya

Sementara itu, Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos M AP yang mendengar berita kebakaran itu langsung mengunjungi lokasi kebakaran di Desa Darat Sawah Kecamatan Kelam Tengah. Dalam kunjunganya itu, Bupati menyerahkan bantuan dan menyampaikan keprihatinannya terkait dengan musibah yang terjadi. Selain itu Bupati juga berpesan kepala seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap musibah kebakaran. Juga kedepan musibah kebakaran seperti ini tidak terjadi lagi.

“Kepada suluruh masyarakat saya berpesan untuk hati-hati dan waspada terhadap segala hal yang dapat menimbulkan musibah kebakaran, sehingga musibah seperti ini tidak terjadi lagi. Juga saya atas nama Pemkab Kaur kami menyampaikan duka dan keprihatinan semoga keluarga dapat tabah menghadapi musibah ini,” ucapnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*