Rumah Tak Layak Huni Ditargetkan Nihil

BengkuluARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Bengkulu Utara (BU) yang lahir sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru akan menyelesaikan persoalan Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Pelaksanaan pekerjaan ini akan mulai digarap pada tahun 2018 mendatang.

Sedangkan dalam tahun 2017 ini, DPRKP akan melakukan pendataan rumah penduduk secara keseluruhan.

Kadis PRKP Bengkulu Utara, Dr Agus Haryanto SE MM mengatakan, tahun 2017 ini pihaknya mengangendakan pendataan seluruh kawasan pemukiman di Kabupaten Bengkulu Utara. Pendataan ini dilakukan untuk perumahan penduduk secara mandiri maupun yang dibuat oleh perusahaan swasta.

“Memang sudah menjadi program kerja kita dalam tahun ini. Semua perumahan akan kita data terlebih dahulu,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE).

Ia menambahkan, setelah pendataan, maka di tahun 2018 seluruh RTLH akan dilakukan perbaikan dan ditargetkan tidak ada lagi RTLH di Bengkulu Utara.

Selain itu, terangnya, juga akan ada rumah subsidi bagi PNS. Ini juga untuk peningkatan kesejahteraan bagi PSN di Bengkulu Utara.

‘’Usai kita data rumah tangga yang tidak layak huni, akan dilakukan perbaikan menjadi rumah layak huni. Termasuk juga untuk PNS,’’ ungkapnya.

Sedangkan untuk perbaikan nanti, lanjutnya, pihaknya akan bekoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Utara. Sehingga dalam perbaikan tidak terjadi tumpang tindih dengan program RTLH dari Kementerian

Sosial (Kemensos) untuk menghindari 2 kali perbaikan dalam satu objek yang sama.

‘’Kita tidak akan melakukan perbaikan rumah yang telah dilakukan Dinsos. Jadi kita akan koordinasi dulu, mana saja rumah yang masuk dalam perbaikan Dinsos,’’ pungkasnya.(816)