Rumah Sakit Diminta Siaga

BENGKULU, BE –  Menjelang Natal dan tahun baru,  Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah meminta seluruh rumah sakit umum dan Puksesmas di Provinsi Bengkulu untuk mengantisipasi  berbagai kejadian kecelakaan dan bencana.  “Saya mengimbau, kepada seluruh rumah sakit  di kabupaten/kota  untuk disiagakan menjelang Tahun Baru 2012. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi berbagai kejadian pada saat pergantian tahun nanti,” katanya.

Menurutnya, seluruh Puskesmas yang berada di jalan lintas barat Bengkulu untuk dapat  disiagakan 24 jam sehari sebelum dan sesudah Tahun Baru 2012.  Seperti yang dialami selama ini, setiap tahun baru arus lalu lintas kendaraan di Bengkulu sangat padat, sehingga rawan terjadi kecelakaan di jalan tersebut. “Untuk itu, agar menyiagakan petugas Puskesmas yang terletak strategis, seperti pada jalan lintas barat Bengkulu,” katanya.

Sehingga, apabila  terjadi kecelakaan para korban dapat diberikan pertolongan dengan cepat.  “Kita tidak mengharapkan hal terburuk terjadi. Tapi kita harus siap mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi,” katanya.

Apalagi saat ini Bengkulu sedang musim hujan, sehingga bisa saja terjadi banjir dan tanah longsor di kabupaten/kota.  Sehingga,  petugas medis dan obat-obatan harus disiagakan dalam menyongsong Tahun Baru 2013 nanti.  “Jika terjadi banjir dan tanah longsor kita sudah siap mengatasinya. Bencana tidak bisa diprediksi kapan terjadi. Tapi, kita harus setiap saat mempersiapkan diri untuk mengantisipasinya. Saya yakin kalau kita sudah siap bila terjadi dapat diatasi dengan baik,” ujarnya. (100)