Rumah & RSUD Curup Terbakar

ARY/Bengkulu Ekspress Petugas dan warga saat berusaha memadamkan api yang membakar salah satu rumah warga di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Tengah pada Kamis (13/6) dini hari kemarin.

Rumah dan 2 Motor Ludes

CURUP, Bengkulu Ekspress– Dalam tempo waktu tiga jam terjadi dua kebakaran di Kota Curup pada Rabu (12/6) malam dan Kamis (13/6) dini hari. Dalam kejadian tersebut satu unit rumah warga hangus terbakar demikian juga satu ruang sterilisasi alat medis RSUD Curup. Kejadian kebakaran pertama terjadi di ruang sterilisasi alat medis RSUD Curup yang ada di bagian basement RSUD Curup. Ruang berada di samping kamar mayat RSUD Curup tersebut terbakar sekitar pukul 22.30 WIB.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Curup, Sopian Wahyudi mengungkapkan, diduga kuat kebakaran terjadi karena adanya arus pendek listrik pada mesin seling yang berada di ruang sterilisasi RSUD Curup. Dimana menurutnya arus listrik yang selalu terpasang dialat tersebut selalu tersambung, sehingga membuat kabelnya panas dan terjadilah arus pendek dan menimbulkan kebakaran. “Dugaan kita karena adanya arus pendek pada mesin seling yang ada di ruang sterilisasi,” sampai Sopian.

Petugas yang mengetahui adanya kebakaran langsung melakukan upaya pemadaman menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) yang dimiliki oleh RSUD Curup, sebelum akhirnya tim dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong dengan empat armada tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman sebelum api menjalar ruang lainnya.

Akibat kejadian tersebut, menurut Sopian, RSUD Curup ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 30 juta. Karena sejumlah peralatan yang ada di ruang tersebut rusak dilalap api. Sejumlah perlengkapan RSUD Curup yang rusak tersebut antara lain, mesin seling, satu unit AC 2 PK, 20 stel baju operasi, box kertas steril, alat tenun baju dan sejumlah perlengkapan lainnya.

“Meskipun sempat menimbulkan kepanikan keluarga pasien yang tengah dirawat, namun api segera diatasi dan tidak menjalar ke ruangan lainnya, bahkan kita tidak sampai melakukan evakuasi terhadap para pasien,” aku Sofian.

Selain itu, Sofian mengaku kebakaran yang terjadi tersebut juga tidak membuat pelayanan di RSUD Curup terganggu, karena pasca kejadian manajemen RSUD Curup langsung melakukan perbaikan ruangan yang terbakar tersebut.

Sementara itu, kebakaran yang kedua terjadi pada pukul terjadi pada Kamis dini hari kemarin sekitar pukul 01.00 WIB. Kebakaran yang terjadi di Jalan Setia Guna RT 9/3 Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Tengah. Dalam kejadian tersebut rumah milik Sulaiman hangus terbakar, bahkan tak ada satupun barang berharga miliknya yang bisa diselamatkan. “Pemilik rumah yang terbakar ini tengah mudik bersama keluarganya ke Padang Sumatera Barat,” sampai Mega (45) tetangga korban sekaligus warga yang pertama kali mengetahui terjadinya kebakaran tersebut.



Dijelaskan Mega, ia mengetahui terjadi kebakaran saat tengah tertidur di rumahnya yang persis berada disamping kiri rumah milik Sulaiman yang terbakar tersebut. Saat tertidur tersebut, Mega mengaku mencium bau asap. Karena curiga kemudian ia terbangun dan melihat ke bagian luar rumahnya melalui jendela yang ada di kamarnya.

Saat melihat ke bagian luar rumahnya tersebut, ia terkejut karena melihat asap sudah mengepul dari rumah Sulaiman. Serta api mulai menyala dari bagian belakang rumah Sulaiman. “Saat melihat sudah banyak asap, saya langsung bangun dan membangunkan orang yang menunggu rumah Pak Sulaiman ini,” sampai Mega.

Dijelaskan Mega, saat ini rumah tersebut ditinggalkan pemiliknya mudik ke Sumatera Barat, memang rumah tersebut dititipkan dengan tetangga mereka yaitu Sumiati (50) dan anaknya Sari. Setelah keduanya berhasil dibangunkan Mega, keduanya langsung keluar rumah.

Tak berselang beberapa lama, api terus membesar, karena memang rumah yang terbakar tersebut terbuat dari papan, sehingga api dengan mudah membakar. Tak berselang lama petugas PBK yang menerjunkan sekitar enam unit mobil pemadam kebakaran langsung melakukan upaya pemadaman dan mengantisipasi agar api tidak membakar rumah lainnya.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan dibantu oleh warga, petugas akhirnya bisa memadamkan api.”Karena api cepat membesar, sehingga tidak ada satupun barang milik Pak Sulaiman yang selamat, termasuk dua motor didalamnya,” demikian Mega. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*