Rumah Pengrajin Bambu di Benteng Mulai Dikerjakan

Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UKM Benteng, Lusi Komariah SE

BENTENG, bengkuluekspress.com – Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sedang membangun rumah pengerajin bambu di samping gedung Dekranasda, Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat. Pembangunan gedung yang akan dijadikan sebagai wadah pengrajin untuk mengolah aneka kerajinan dari bambu tersebut dianggarkan sebesar Rp 1,5 miliar.
Kabid Perindusrian Disperindagkop dan UKM Benteng, Lusi Komariah SE mengatakan, dana pembangunan gedung bersumber dari DAK Kementerian Perdagangan dan Koperasi tahun 2020.
“Pengerjaannya sudah dilakukan sejak bulan akhir Agustus. Akhir tahun 2020 sudah selesai dan bisa digunakan tahun depan,” kata Lusi.

Secara teknis, aku Lusi, konstruksi bangunan yang akan dikerjakan adalah gedung 2 lantai dan ditambah dengan pelapis tebing.
Ukuran gedung 15×8 meter. Selain untuk gedung, dana yang tersedia juga dialokasikan untuk pengadaan peralatan penunjang bagi pengerajin.
“Hasil seleksi kami, ada sebanyak 15 orang pengerajin bambu yang berkompetensi. Mereka sudah kami berikan pelatihan dan bimtek ke berbagai daerah. Dengan harapan, mereka bisa menghasilkan karya yang bisa membuat kerajinan bambu di Kabupaten Benteng lebih dikenal,” pungkas Lusi.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*