Rumah & Motor Ludes Terbakar

LUBUK SANDI, BE – Sebuah rumah dan 1 unit sepeda motor milik warga Desa Sakaian Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma pagi kemarin (26/11) pukul 08.00 WIB ludes terbakar. Kebakaran diduga akibat sambaran api dari dapur yang menggunakan kayu bakar, yang ditinggalkan oleh pemilik rumah ke Posyandu. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir sekitar Rp 50 juta.
Rumah yang ludes merupakan bangunan non permanen yang berdinding papan. Ukuran sekitar 6 meter x 6 meter. Hanya berlangsung beberapa menit api melalap bangunan tersebut, rumah dan seisinya berubah menjadi abu. Sepeda motor jenis Honda CB, kulkas, TV, dan segala perabotan rumah tangga sampai pakaian yang ada di dalam rumah semuanya ludes.

Peristiwa tersebut terjadi saat pemilik rumah Yoyon (27) sedang berangkat kerja ke kebun. Sedangkan istrinya bernama Yulia (24) ketika itu baru saja keluar rumah, berangkat ke balai desa untuk mengikuti Posyandu buah hati mereka. Lantas, Yulia yang tadinya memasak di dapur tak memadamkan api secara keseluruhan. Hingga dipastikan api dari kayu bakar di dapur itu sendiri. Karena ketika kejadian, listrik sedang dalam keadaan padam dan dapur tersebut tak terdapat kompor gas.

Salah seorang saksi mata, Sakirin (50) menuturkan, dia melihat api menjalar di bangunan rumah tersebut mulai dari arah dapur. ”Kami sebenarnya lewat di sini, dari Tais mau ke Bengkulu. Terus kelihatan api melalap rumah,” ungkap Sakirin yang merupakan PNS di Setwan Seluma itu.

Sementara itu, sesaat setelah kejadian, Yoyon yang mendapati rumahnya sudah menjadi abu sempat pingsang karena shock. Namun, dia tersadarkan diri kembali setelah beberapa saat dirawat anggota keluarganya. Akibat musibah tersebut, Yoyon dan keluarga sejak kemarin mengungsi ke rumah familinya di desa itu tersebut. (444)