Rumah Ludes Terbakar

IRUL/BE LUDES: Warga bersama petugas kebakaran dari BPBD Kaur saat berusaha memadamkan api yang membakar rumah M Dahlan di Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan, Jum’at (24/3).
IRUL/BE
LUDES: Warga bersama petugas kebakaran dari BPBD Kaur saat berusaha memadamkan api yang membakar rumah M Dahlan di Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan, Jum’at (24/3).

Masak Air, Ditinggal Pergi ke Pasar

KAUR SELATAN, BE – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kabupaten Kaur.  Kali ini korbannya rumah semi permanen milik M Dahlan (60), di Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur yang ditempati Tahti (25) bersama anaknya Gilang (7).  Peristiwa ini terjadi Jum’at (24/3) kemarin, sekitar pukul 10.30 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Diduga sumber kebakaran itu berasal dari dapur ketika pemilik rumah masak air dan ditinggal pergi ke pasar. Akibat kelalaian itu korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

“Kalau kejadian persis saya tidak tau, tapi dari keterangan korban, api berasal dari dapur,” kata Kepala Desa (Kades) Pasar Baru, Upik Johan saat ditemui di lokasi kejadian, kemarin (24/3).

Data terhimpun BE, peristiwa yang meludeskan rumah ukuran 6×8 itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Kejadian itu berawal dari bapak angkat Tahti bernama Ridwan Yasir (65) memasak air menggunakan kayu bakar di rumah korban dan kemudian ditinggal pergi. Selang beberapa menit kemudian warga setempat bernama Jumahir (54) terkejut ketika melihat ke arah rumah korban ada kepulan asap tebal disertai api. Jarak rumah korban dengan rumah Jumahir sekitar 30 meter. Melihat hal tersebut, Jumahir memberitahukannnya kepada tetangga lainnya.

Kemudian mereka menghampiri rumah korban untuk memastikan sumber asap tersebut. Setelah dicek, ternyata api sudah besar di bagian dapur rumah korban.  Kemudian warga setempat beramai-ramai memadamkan api dengan peralatan seadanya. Beberapa lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran  turun ke lokasi dan dibantu oleh ratusan warga untuk memadamkan api, sehingga akhirnya api berhasil dipadamkan. Namun sayang karena bangunan terbuat dari kayu itu begitu cepat membuat api cepat membesar dan membakar seluruh bangunan rumah beserta seluruh isinya.

“Pagi itu saya memang masak air di dapur mengunakan kayu, dan tidak tahu kalau kejadiannya akan seperti ini. Saya sangat kaget rumah ini terbakar,” ujar Ridwan kepada BE, kemarin (24/3).

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto SIK melalui Kapolsek Kaur Selatan Iptu Firmansyah S Sos yang turun langsung ke lokasi kejadian mengungkapkan, dari hasil identifikasi dan keterangan para saksi, kebakaran rumah semi permanen tersebut diduga akibat kayu bakar dan merembet ke dinding dapur rumah saat ditinggal pemiliknya pergi.

“Dari hasil olah TKP api berasal dari dapur, tapi kebakaran ini setidaknya menimbulkan kerugian cukup besar, dan dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, keluarga pemilik rumah semuanya selamat. Kami mengimbau kepada warga agar waspada dan berhati-hati dan tidak lalai, agar kejadian seperti ini tidak kembali terulang di kemudian hari,” imbau Kapolsek. (618)