Rumah Kepala BPBD Terbakar

SELUMA TIMUR, BE – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, Drs A Yunus MM menjadi korban kebakaran. Rumah yang ditinggali Yunus di Kelurahan Bungamas Kecamatan Seluma Timur terbakar. Musibah yang dialami Yunus ini cukup dramatis, lantaran terjadi ketika kemarin (27/11) pagi pukul 08.00 WIB Yunus akan berangkat ke kantor bupati untuk memberikan laporan tertulis musibah kebakaran yang dialami warga, disaat itu rumahnya dilalap api.
“Mana laporan (tertulis, red) musibah kebakaran di Desa Renah Panjang kemarin,” demikian tanya Plt Bupati Seluma Bundra Jaya kepada Yunus dari balik handphone yang diterima Yunus. Menjawab telepon itu, Yunus berkata dirinya akan segera ke kantor untuk memberikannya. Tapi, belum selesai Yunus ditelepon Plt bupati, rumah bagian belakang miliknya terdapat kepulan api yang menyala-nyala.

”Pak..Pak, rumah saya terbakar pak. Iya pak saya laporkan kebakaran,” sergah Yunus menjadi kalang kabut menyadari rumahnya menjadi terbakar ketika itu. Lantas teleponan antara Plt bupati dan Kepala BPBD pun terputus ketika itu.
Yunus dan istrinya Dra Mawatul Asia yang juga camat Seluma Utara sedikit lebih beruntung. Tak seperti kebakaran yang dialami Yoyon (27) warga Desa Renah Panjang Kecamatan Lubuk Sandi yang terjadi Selasa (26/11) yang akan dilaporkan Yunus kepala kepada Plt Bupati. Jika rumah Yoyon ludes menjadi abu beserta 1 unit sepeda motor dan seisi rumah, sedangkan kebakaran yang alami Yunus hanya sebagian bangunan rumah yang terbakar.

Tak ada benda dan surat-surat berharga milik Yunus yang hangus. Hanya plafon dan dinding rumah bagian belakang yang terbuat dari bahan kombinasi kayu dan semen berukuran sekitar 8 x 8 meter itu yang terbakar. Bangunan rumah yang terbakar tersebut juga terpisah dengan rumah utama yang menjadi tempat tinggal Yunus dan keluarga yang berada di bagian belakang rumah utama.
”Tadi saya lagi teleponan sama bapak Plt bupati, mau memberikan laporan kebakaran. Tiba-tiba rumah saya kebakaran. Tapi berkat bantuan tetangga-tetangga di sini, api dapat kami padamkan dengan menyiramkan air,” tutur Yunus ketika di temui di rumahnya sesaat setelah api padan sembari menerima kungjungan langsung Plt Bupati Bundra Jaya ke rumahnya kemarin. (444)