Rumah Guru dan Warung Terbakar

Kebakaran
TERBAKAR: Kondisi kebakaran yang terjadi dirumah guru dan warung manisan. (Foto RIO/BE).

 BENGKULU, BE – Dalam tempo sehari, terjadi dua aksi kebakaran hebat di dua lokasi yang berbeda. Pertama sekitar pukul 14.00 WIB (7/3), kobaran si jago merah meludeskan rumah guru SMPN 13 Kota Bengkulu, Nelmawati (50) yang berada di RT 6, RW 2 Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban, Selasa.

Akibatnya, satu unit Honda Scopy, perabotan rumah tangga, kulkas dan televisi tidak bisa diselamatkan. Nelmawati dibantu warga sekitar hanya bisa menyelamatkan sedikit barang dagangannya serta sejumlah uang pecahan yang tidak seberapa jumlahnya.

“Kejadiannya cepat, cuma sedikit sekali barang yang berhasil diselamatkan,” ujar Nelmawati saat dikonfirmasi.

Yang mengetahui pertama kali rumah Nelmawati terbakar adalah Anggi siswa SMPN 13. Saat itu Anggi sedang berbelanja diwarung milik Nelmawati. Anggi kemudian melihat api terjatuh dari plafon rumah.

Melihat kejadian itu, Anggi langsung beteriak meminta pertolongan. Sementara Nelmawati yang baru sampai dirumah sedang menyantap martabak langsung masuk kedalam rumah membangunkan anaknya Dede (25) yang tertidur pulas. Api sangat cepat merembet ke bagian rumah milik Nelmawati. Beberapa warga membantu memadamkan api menggunakan alat seadanya, sebagian diantaranya menyelamatkan barang dagangan milik Nelmawati.

“Cepat sekali terbakar rumahnya, api cepat membesar. Beruntung setelah ditelfon, pemadam kebakaran cepat datang,” ujar salah satu warga setempat, Rusma.

Sekitar pukul 20.00 WIB, kemarin malam kobaran api meludeskan warung manisan milik H Musta Harjon (48) warga Jalan Kalimantan RT 06 RW 03 Kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu. Dugaan sementara penyebab kebakaran diakibatkan korsleting listrik.

Sementara itu pada saat kebakaran turut diamankan seorang pemuda bernama Sudirman (16) putus sekolah dan merupakan warga Jalan Beringin Kandang Limun Kota Bengkulu. Karena mengambil 3 bungkus rokok di warung korban.

“Saya lihat api meyala dari samping. Namun tidak terlalu besar dan memang saat kebakaran kita mengamankan seorang remaja yang saat itu ingin mengambil rokok,” ujar salah satu warga sekitar, Wahyu, kemarin (7/3).

Kapolres Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurinta SIk melalui Kapolsek Muara Bangkahulu AKP Dodi C mengatakan, sumber api masih diselidiki dan belum bisa dipastikan. Tetapi kemungkinan berasal dari korsleting listrik.

“Untuk kerugian belum bisa kita pastikan dan untuk penyebab kebakaran besok akan kita lakukan olah TKP. Sedangkan untuk pelaku pencuri masih kita ambil keterangannya di Polsek,” ucapnya.(529/167)