Rumah Duliasih Ludes Terbakar

Ary/BE
Petugas bersama warga saat tengah berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga Kelurahan Dusun Curup, Senin (13/7).

CURUP, Bengkuluekspress.com – Kebakaran terjadi di Kelurahan Dusun Curup, Senin (13/7) siang sekitar pukul 14.45 WIB. Akibatnya, satu rumah warga rata dengan tanah dan satu lagi mengalami kerusakan ringan.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi api pertama kali terlihat dari rumah milik Duliasih Sabri (69). Api pertama keluar dari bagian tengah rumah yang terbuat dari kayu.

karena bagian rumah terbuat dari kayu, sehingga api cepat membesar dan menghanguskan rumah korban. Sedangkan satu rumah lagi yang mengalami kerusakan ringan adalah rumah milik Rahman.

“Pertama kali yang mengetahui kebakaran ini menanti korban Erni, ia berteriak ada api,” terang Usman (68) tetangga sebelah kiri rumah korban.

Mendengar teriakan menantu korban tersebut, menurut Usman seluruh warga berhamburan keluar rumah untuk membantu memadamkan api, sedangkan sebagian lagi berusaha membantu menyelamatkan barang-barang korban termasuk warga sekitar rumah korban juga langsung mengeluarkan barang-barang berharga dari dalam rumah khawatir api menjalar kerumah lainnya.

Sementara itu berdasarkan pengakuan Duliasih Sabri, saat kejadian rumah miliknya tersebut dalam keadaan kosong.

Saat kejadian ia tengah berada didusun sawah, sedangkan sang istri sedang berada disawah. Ia mengetahui rumahnya terbakar setelah mendapat informasi dari warga.

“Semua terbakar pak, tidak ada yang tersisa termasuk satu motor saya ikut terbakar,” ungkap korban.

Duliasih mengaku, belum mengetahui apa penyebab rumahnya terbakar hingga rata dengan tanah. Karena saat ditinggalkan kompor dalam kondisi mati, begitu juga dengan aliran listrik.

“Dibagian tengah cuman ada TV, tapi waktu saya tinggalkan sudah mati dan colokannya sudah dicabut,” paparnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Drs Sumardi MM mengungkapkan, pasca mendapat informasi dari warga terkait adanya kebakaran, tim pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong langsung turun dengan kekuatan penuh.

“Tadi pasca mendapat informasi ada kebakaran, lima unit mobil langsung kita turunkan semua,” paparnya.

Sumardi mengaku, awalnya petugasnya kesulitan untuk melakukan pemadaman, karena lokasi kebakaran ada dipemukiman padat penduduk dan gang sempit.

Namun berkat upaya keras yang mereka lakukan dan dibantu oleh warga akhirnya tak berselang lama dari sampainya mobil PBK, api berhasil dipadamkan.

“Untuk sementara belum kita pastikan penyebab kebakaran ini, namun satu rumah hangus total dan satu lagi mengalami kerusakan ringan,” demikian Sumardi. (251)