Rumah ASN Nyaris Ludes

PADAMKAN API: Warga Desa Setempat bersama mobil PBK saat berusaha memadamkan api di rumah korban di desa Pasar Baru, Selasa (22/1).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Kaur. Kali ini nyaris meludeskan rumah permanen milik Zamhari (50), Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Kaur di Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur, Selasa (22/1). Beruntung api yang diduga dari membakar sampah dibelakang rumah itu dapat diketahui dan dipadamkan warga setempat dengan alat seadanya.

“Api itu dari belakang rumah diduga dari api bekas bakar sampah, dan tba-tiba waktu itu warga teriak melihat asap mengepul di belakang rumah korban,” ujar Upik, Kades Pasar Baru, kemarin (22/1).

Data terhimpun Bengkulu Ekspress, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, kejadian itu bermula dari korban pada saat itu membakar sampah yang ada di belakang rumah miliknya. Diduga karena tiupan angin yang kencang dan berdekatan dengan rumah tempat penyimpanan kayu bakar, mengakibatkan api menyambar tumpukan kayu dan menyebabkan tumpukan kayu tersebut terbakar oleh kobaran api tersebut.

Hanya saja api berhasil dipadamkan warga dan dibantu dua unit mobil PBK milik yang tiba di lokasi. Sehingga api tidak menjalar sampai kebangunan rumah korban dan warga setempat.“Waktu itu untung api dapat diketahui, kalau tidak bangunan sudah habis. Kalau rumah korban terbakar hanya sedikit saja,” terang Kades.



Sementara itu, Kapolres Kaur, AKBP Arif Hidayat SIK melalui Kapolsek Kaur Selatan, IPTU Surya R Purnama SH MH yang turun langsung ke lokasi kejadian mengungkapkan, dari hasil identifikasi dan keterangan para saksi, api berasal dari tumpukan sampah dibelakang rumah korban, dan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Dari hasil olah TKP api berasal dari tumpukan sampah yang dibakar korban. Juga dalam kejadian ini tidak ada kerugian material karena api belum sempat besar sudah dipadamkan warga,” jelas Kapolsek.(618)