RUJUKAN ONLINE, CEPAT DAN PRAKTIS

Narasumber : SAMINAH

Curup, Jamkesnews – Peran Pemerintah dirasa nyata dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya yang dalam hal ini masuk ke dalam kategori masyarakat yang kurang mampu. Hal ini dibuktikan dengan pemberian jaminan sosial kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Didaftarkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dimana sumber dana untuk iurannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kebaikan Pemerintah ini jugalah yang juga dinikmati oleh Saminah (62). Seorang peserta JKN-KIS yang tergabung dalam kategori peserta PBI yang iurannya dibayarkan melalui APBN.

Saminah yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini mengaku bersyukur sekali bisa didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS.

“Rasanya bersyukur sekali. Masih bisa dibantu sama Pemerintah. Waktu dikasih KIS rasanya lega sekali. Karena sudah banyak tetangga yang sebelumnya sudah dapat, eh saya juga dapat. Ternyata Pemerintah masih peduli sama kami rakyat kecil ini,” ujar Saminah ketika ditemui sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Curup (19/3).

Saminah harus dirawat di RSUD Curup dikarenakan diagnosa dokter dia mengidap penyakit Hypoglycaemia atau yang lebih dikenal dengan istilah penyakit darah rendah oleh masyarakat awam.

“Sudah lama penyakitnya. Memang kambuh-kambuhan seperti ini. Tapi biasanya hanya berobat ke puskesmas saja sudah sembuh, tapi ini harus dirujuk kata dokter di puskesmas biar bisa dirawat di rumah sakit. Rujukannya juga sudah online kata anak saya kemarin. Jadi kita nggak perlu ngantri lama-lama lagi. Rumah sakitnya sudah tau kita mau datang, sudah tinggal datang saja dan sudah disiapkan semua keperluannya, jadi tinggal masuk ruangan. Mantap sekali pelayanannya, semuanya jadi lebih praktis,” lanjutnya.

Ketika tim Jamkesnews menemui Saminah di ruang perawatan terlihat Saminah sudah dalam keadaan yang baik. Terlihat dari wajahnya sudah cerah. Diakuinya rasa sakitnya sudah jauh berkurang walau memang masih merasa belum sembuh benar. Dia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang sudah peduli terhadap nasibnya dan banyak masyarakat lain di luar sana yang sama membutuhkan juga seperti dirinya.

“Rasanya sudah jauh lebih baik dari kemarin. Terima kasih untuk pelayanannya. Terima kasih juga untuk Pemerintah dan BPJS Kesehatan. Kami masih diperhatikan keadaan sehat dan sakitnya, terima kasih ya,” ucapnya. (RW/ds)