Rumah Tak Layak Huni Terbanyak di Penarik

rumah

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 15 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Mukomuko. Diketahui dan berdasarkan catatan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) setempat. Masyarakat yang berdomisili di kecamatan Penarik yang terbanyak menempati Rumah Tak Layak Huni (RTLH) mencapai 1.261 unit.

“Berdasarkan data TNP2K. Total seluruh rumah tak layak huni 11.054. Tahun 2017 telah terealisasi direhab berjumlah 245 unit. Sisanya sekitar 10.809 unit. Untuk tingkat kecamatan wilayah Penarik yang terbanyak warga menempati RTLH,” kata Kepala Dinas Perkim Kabupaten Mukomuko, Edi Yanto SE di konfirmasi Bengkulu Ekspress. Ribuan RTLH yang belum terealiasasi tersebut telah diusulkan ke pemerintah pusat dan tengah menunggu kuota penetapan dari pemerintah.

“Tahun 2017 lalu sebanyak 245 unit, tahun ini informasinya sekitar 303 unit. Untuk pastinya akan di ketahui setelah pihaknya menerima SK. Termasuk nama desa/kecamatan yang akan mendapatkan bantuan stimulan tersebut,”ujarnya.

Menurutnya, program dari pemerintah pusat itu memberikan kenyamanan bagi masyarakat, yang sebelumnya menempati rumah tak layak huni menjadi layak huni. Bantuan stimulan berupa uang tersebut diperuntukan pembelian bahan meterial pembangunan yang dibutuhkan dan tidak sepenuhnya di biayai pemerintah.

Karena pemerintah mengucurkan anggaran tertinggi Rp 15 juta per RTLH.

“Kita tetap berupaya maksimal. Supaya seluruh RTLH yang masih di tempati masyarakat di daerah ini semuanya layak huni. Meskipun bantuan stimulan tersebut secara bertahap yang diprogramkan pemerintah pusat,” lanjutnya. (900)