RSUD Mukomuko Terima Bantuan CT Scan dari Kemenkes

 

MUKOMUKO, BE – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko mendapatkan bantuan peralatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yaitu Computerized Tomography scan (CT scan).
”Alat bantuan dari Kemenkes itu, saat ini masih dalam proses pengaktifan oleh tim teknis,” ungkap Dirut RSUD Kabupaten Mukomuko, dr H Tugur Anjastiko melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Jajat Sudrajat.
Disampaikannya, alat CT scan atau computerized axial tomography scan (CAT scan) adalah prosedur pemeriksaan medis dengan menggunakan kombinasi teknologi Rontgen atau sinar-X dan sistem komputer khusus untuk melihat kondisi dalam tubuh dari berbagai sudut dan potongan. Hasil CT scan memiliki kualitas dan kedalaman yang lebih rinci, jika dibanding foto rontgen biasa. CT scan umumnya digunakan sebagai alat bantu diagnosis, panduan untuk melakukan tindakan selanjutnya. Pihaknya menargetkan alat CT scan ini sudah bisa digunakan awal tahun 2021 mendatang. Karena untuk pengoperasian peralatan itu, petugasnya akan diberikan bimbingan atau pelatihan terlebih dahulu. Dengan adanya alat CT scan tersebut masyarakat tidak jauh – jauh lagi ke Bengkulu atau Padang. Karena di RSUD Mukomuko sudah ada dan ini akan memudahkan masyarakat.
“Tahun depan, masyarakat tidak harus lagi keluar daerah, cukup mendapatkan pelayanan CT scan di RSUD Mukomuko,” lanjutnya. (900)