RSUD Dapat Kucuran Rp 2 Miliar

Ken PurwantoSELUMA SELATAN, BE- Pasien Intensif Care Unit (ICU) RSUD Tais mulai beberapa waktu mendatang tak lagi langsung dirujuk ke RSMY Bengkulu. Pasalnya, kendala selama ini terkait kekurangan alat-alat ICU akan segera teratasi. RSUD dipastikan tahun ini mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) untuk pengadaan alat-alat ICU tersebut.

Hal tersebut dikatakan Plt Direktur RSUD Tais dr H Kent Purwanto MPH, kemarin (8/7). “Untuk tahun ini seluruh pasien yang perlu penanganan khusus tidak perlu lagi bertolak ke Bengkulu. Setelah anggaran pembelian alat-alat ICU segera disalurkan ke RSUD Tais. Sedangkan untuk pembangunan gedung ICU akan menggunakan APBD tahun 2013 ini,” terangnya.

Bebernya, selain pembelian peralatan ICU, melalui dana DAK 2013 pula akan digunakan untuk pembelian peralatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Pasalnya kini limbah rumah sakit tersebut belum dipasangi saluran instalasi. Selama ini pembuangan limbah dilakukan secara manual ke tempat pembuangan limbah.

Tidak hanya itu, ditahun ini juga RSUD akan mendapatkan tambahan 5 orang tenaga dokter program bantuan pemerintah pusat. Dokter tersebut akan ditugaskan di Kabupaten Seluma dan menetap di Seluma. Kemudian oleh RSUD Tais akan disediakan tempat tinggal, agar dokter yang ditugaskan itu bisa menetap di Seluma dengan nyaman.
“Kita bersyukur akan mendapatkan bantua Dokter sehingga kekurangan dokter di RSUD Tais bisa ditanggulangi,” Tegasnya.(333)