RSU UMMI Menuju Akreditasi Versi 2012


BENGKULU, BE – Rumah Sakit Umum (RSU) Ummi Bengkulu adalah salah satu rumah sakit rujukan tipe C di Kota Bengkulu, dengan layanan gawat darurat dan persalinan 24 jam, serta berbagai layanan medis lainnya.

Dalam perkembangannya, kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap RS Ummi terus meningkat dan dengan harapan rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat luas. Saat ini Rumah Sakit Ummi sedang mempersiapkan untuk menuju Akreditasi Versi 2012. Segala persiapan untuk menuju akreditasi itu terus di tingkatkan, nantinya ada empat item dalam penilaiannya.

“Kami sedang mempersiapkan Rumah Sakit Umum Ummi menuju Akreditasi Versi 2012. Insya allah bulan April nanti sudah mendapatkan hasilnya,” ucap Direktur RSU Ummi Bengkulu, dr. Didin.

Empat item penilaiannya yaitu, pertama keselamatan pasien, yang kedua penanggulangan penyakit infeksi, yang ketiga hak dan kewajiban pasien, dan yang keempat kualifikasi dan pendidikan staff.

Akreditasi ini nantinya lebih mengarah kepada implementasi ke pasien, karyawan, struktur, dan perawatan. Contohnya untuk karyawan setiap memulai, menyentuh, dan setelah menyentuh pasien wajib mencuci tangan, seluruh karyawan harus bisa dan tahu bagaimana menyelamatkan pasien, serta contoh-contoh yang lainnya.

“Ada empat item yang menjadi penilaian Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) nantinya dalam mengakreditasi RSU Ummi. Kami juga melakukan bimbingan, program khusus, terus mengadakan pelatihan agar seluruh karyawan memiliki keterampilan yang baik. RSU Ummi saat ini memiliki 54 kamar, terdiri dari VVIP, VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Selain itu juga menjalin kerjasama dengan BPJS, Asuransi, Umum, dan yang lainnya,” kata dr Didin.

Sekedar mengingatkan, Cikal bakal berdirinya Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu dimulai dengan berdirinya Rumah Bersalin (RB) Ummi yang pada saat itu berada di bawah naungan Yayasan Al-Miftah. Pada tahun 2008, RB Ummi berganti nama menjadi Klinik Ummi Mandiri dengan berbadan hukum PT. Ridho Mandiri. Pada saat itu, Klinik Ummi Mandiri masih berlokasi di Jl. Kapuas, Lingkar Barat Bengkulu.

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan, sejak tanggal 29 April 2010 Klinik Ummi Mandiri pindah ke Jl. Hibrida Raya No. 01 Sidomulyo Bengkulu dengan lokasi yang lebih luas dan jumlah tempat tidur yang lebih memadai. Klinik Ummi Mandiri beroperasi berdasarkan Izin Penyelenggaran Klinik Rawat Inap Pelayanan Medik Dasar Kebidanan dan Kandungan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu No. 500/901/KLINIK/DKK/IV/2010.

Dalam perkembangannya, kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap Klinik Ummi Mandiri terus meningkat. Hingga akhirnya, manajemen PT. Ridho Mandiri mengajukan permohonan pendirian Rumah Sakit Umum (RSU) Ummi Bengkulu dengan harapan rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat luas.

Berdirinya RSU Ummi Bengkulu ditandai terbitnya SK Walikota tentang Izin Pendirian Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu nomor 153 tahun 2014. Misi dari RSU Ummi diantaranya 1. Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu berorientasi pada kecepatan, ketepatan, keselamatan dan kenyamanan berlandaskan etika dan profesionalisme. 2. Melaksanakan pelayanan sesuai standar prosedur operasional. 3.

Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten. 4. Menyediakan peralatan, fasilitas dan sarana dan prasarana yang memenuhi standar keselamatan pasien serta memiliki Motto Melayani dengan hati.” (any).