RSP Lagita Segera Diresmikan

Inilah Rumah Sakit Pratama Lagita di Kecamatan Ketahun yang akan diresmikan.
Inilah Rumah Sakit Pratama Lagita di Kecamatan Ketahun yang akan diresmikan.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara (BU) khususnya di Kecamatan Ketahun dan sekitarnya akan segera menikmati pelayanan Rumah Sakit Pratama (RSP) Lagita. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara merencanakan peresmiannya sekitar bulan Maret 2018 mendatang.

‘’Kemungkinan sekitar 2 atau 3 bulan ke depan, akan kita resmikan,’’ ujar Sekda Bengkulu Utara, Dr Haryadi, S.Pd MM M.Si kepada Bengkulu Ekspress (BE) ditemui di ruang kerjanya, kemarin (16/1).

Ia menambahkan, pengerjaan gedung RSP Lagita sudah selesai dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. Kemudian, saat ini Pemkab Bengkulu Utara tengah melengkapi sarana medis dan fasilitas pendukung lainnya agar RSP Lagita dapat beroperasi.

‘’Kalau fisik bangunannya sudah selesai. Tinggal lagi kita melengkapi sarana dan prasarana pendukungnya,’’ ungkapnya.

Disinggung mengenai Peraturan Bupati (Perbup) terkait kebutuhan tenaga medis RSP Lagita, Sekda menyampaikan saat ini pihaknya masih mempersiapkannya. Karena, disamping tersedianya sarana dan prasarana, kelengkapan tenaga medis sangat penting untuk menunjang pelayanan kesehatan tersebut.

‘’Sedang kita rancang. Insya Allah dalam waktu dekat semuanya sudah siap. Karena, Pak Bupati menginginkan hadirnya pelayanan kesehatan yang lebih dekat dengan masyarakat,’’ terangnya.

Sekda juga menyebutkan, ketersediaan tenaga medis untuk RSP Lagita akan diupayakan dengan mengoptimalkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Namun, tetap tidak mengurangi pelayanan kesehatan di RSUD Arga Makmur, puskesmas hingga pustu.

‘’Kita akan bagi secara proporsional. Jadi, semua pelayanan kesehatan dari tingkat desa, puskesmas hingga ke RSUD dan RSP dapat berjalan dengan baik,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Utara, Setyo Budi Raharjo S.Sos MM menjelaskan perekrutan tenaga medis RSP Lagita menunggu Perbup yang dikeluarkan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian. Usulan itu, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Bagian Ortala Setdakab Bengkulu Utara. Selanjutnya, BKPSDM melaksanakan perekrutan CPNS.

‘’Setelah adanya perbup, kita usulkan ke pusat. Jika disetujui, maka akan dibuka penerimaan CPNS untuk tenaga medis RSP Lagita,’’ pungkasnya.(816)