RSMY Targetkan Vaksinasi Sinovac 200 Vial Perhari

Banyak Pejabat Tak Bisa Divaksin

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Rumah Sakit M. Yunus (RSMY) Bengkulu menargetkan vaksinasi Sinovac sebanyak 200 vial perhari. Hal itu diungkapkan Dirut RSMY Bengkulu, dr. Zulki Maulub Ritonga, Jumat (15/1).

“Kita menyiagakan sebanyak 10 tenaga vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi Sinovac, yang pelaksanannya telah dimulai sejak Kamis (14/1). Dimana sesuai standar operasional yang telah ditetapkan Kemenkes RI, 1 tenaga vaksinator ditargetkan mampu melakukan 40 hingga 70 vaksinasi setiap hari,” kata Zulki, Jumat (15/1).

Zulki mengatakan, tenaga vaksinator itu merupakan tenaga kesehatan di lingkungan RSMY yang telah diberikan pelatihan sebelumnya. Sejauh ini vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di lingkungan RSMY telah dimulai.

“Sebelumnya sempat terkendala dengan proses pendaftaran untuk mendapatkan tiket pelaksanan vaksinasi. Berkaitan dengan kriteria penerima vaksin, sesuai buku petunjuk dari Kemenkes yang berdasarkan hasil uji coba di Bandung, Jawa Barat adalah berusia 18 – 60 tahun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang tidak masuk usia itu, bukan berarti tidak divaksin. Melainkan masih harus menunggu hasil perkembangan penelitian terkait penggunaan vaksin Sinovac. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*