RRI Cari SDM Unggul

RIO-LOMBA BACA BERITA RRI (2)
FOto : RIO/Bengkulu Ekspress

Melalui Lomba Baca Berita

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) Bengkulu menggelar lomba baca berita dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun RRI ke-73 dengan tema “Indonesia Masih Ada”, kemarin (3/9). Selain lomba, momentu ini juga dimanfaatkan RRI untuk mencari SDM unggul untuk berkesempatan meniti karir di lembaga penyiaran Bengkulu.

“Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di RRI ini sudah banyak pensiun, jadi perlu juga tenaga baru. Mungkin suatu saat mereka yang ikut lomba ini bisa bergabung, baik menjadi penyiar maupun reporter. Maka kita saring dulu nanti melihat kemampuan mereka,” kata Kepala LPP RRI Bengkulu, Mirza Musa saat memantau lomba baca berita di ruang Auditorium RRI Bengkulu.

Antusiasme masyarakat yang mengikuti lomba baca berita ini sangat luar biasa, karena sebelumnya, RRI hanya menargetkan sekitar 30 orang saja, namun pada saat pelaksanaan jumlah peserta lebih dari 100 orang yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Pantauan Bengkulu Ekspress, para peserta yang sudah diberikan nomor urut harus menunjukkan penampilannya di atas panggung yang sudah disiapkan satu buah meja dan kursi, serta dilengkapi dengan peralatan siaran. Kemudian, para peserta di hadapan dewan juri dan peserta lainnya membacakan suatu berita yang telah disiapkan menggunakan microphone siaran layaknya seorang penyiar yang sedang melaporkan secara langsung. “Yang kita lihat itu kemampuan dia membaca, vokal, nada-nada, titik, koma, spasi dan sebagainya,” ungkapnya.

Mirza mengapreasiai atas peran serta publik yang telah ikut serta dalam kegaitan baca berita tersebut, yang merupakan langkah untuk memberikan yang terbaik untuk masyarat selaku pendegar radio, khususnya RRI Bengkulu. Selain itu, kegiatan ini juga ajang sinergisitas bersama-sama dalam mempromosikan RRI Bengkulu yang memiliki Programa I, II, III dan IV serta ditambah stasiun produksi Bintuhan.



“Pasti ada kelanjutannya nanti, yang kita harapkan itu perkembangan. Yang penting mental calon SDM ini kita lihat dulu, kalau potensi itu sudah ada nanti jika dibutuhkan tenaga di bidang siaran, kita sudah memiliki datanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Radio ke-73, Syahyaruddin mengatakan, dalam perlombaan ini RRI juga mencari juara pertama sampai ketiga yang akan mendapatkan hadiah menarik sekaligus piagam. “Intinya, selain memperkenalkan lebih dekat program berita khas RRI kepada masyarakat, juga menjadikan RRI sebagai wadah memberikan motivasi bagi yang memiliki bakat di bidang penyiaran agar terus berkembang dan handal,” imbuhnya.

Sementara itu, Sistiaka Putri (18), mahasiswi jurusan Bimbingan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bengkulu yang menjadi salah satu peserta lomba baca berita mengatakan, motivasinya mengikuti perlombaan tersebut untuk menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan tentang membaca berita yang baik dan benar. “Harapannya bisa menambah kemampuan kita dalam public speaking, dan bisa lebih cerdas lagi memilah perkataan dan wawasan dalam berbicara,” ujar Sistiaka.

Lomba baca berita ini juga bekerjasama dengan Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia (PRSSNI) Bengkulu, yang terdiri dari Swara Unib FM, Santana FM, Jazirah UMB, Elbas IAIN, dan Sehati FM. Di samping itu, momentum ini juga diisi dengan kegiatan lainnya, seperti bersih pantai, senam bersama dan lomba gaple tingkat eksekutif. (805)