Rp 7,5 Miliar Dikucurkan ke BPR

duit
foto : ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – APBD Kabupaten Mukomuko, telah mengucurkan penyertaan modal kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar Rp 7,5 miliar. Dengan rincian, tahun 2013 sebesar Rp 1 miliar, tahun 2015 Rp 2 miliar, tahun 2016 – 2018 masing-masing tahun anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

“Total penyertaan modal hingga tahun 2018 sebesar Rp 7,5 miliar,” demikian diungkapkan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Mukomuko, Yuli Yarman melalui Kasubag Koordinasi Penanaman Modal dan BUMD, Dory Andrio, kemarin (2/7).

Suntikan modal yang cukup besar tersebut, tahun 2019 ini BPR Mukomuko ditargetkan sudah dapat memberikan kontribusi berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pembagian laba atau deviden.”Dari total Rp 7,5 miliar dan ditambah Rp 2 miliar tahun ini, dan hasil rapat kami bersama di triwulan satu, BPR sudah memperoleh keuntungan. Ditargetkan Oktober mendatang, BPR sudah berkontribusi untuk daerah,” katanya.

Menurutnya, perusahaan milik daerah yang bergerak di bidang perbankan ini, mengalami perkembangan positif. BPR saat ini sudah mampu membiayai operasional dan gaji karyawan sekitar Rp 60 juta perbulan.”Untuk berapa besarnya laba, akan diketahui Oktober nanti. Yang jelas berdasarkan hitung-hitungan, BPR bisa berbagi laba untuk Kabupaten Mukomuko,”bebernya.

Berpedoman pada Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Mukomuko Nomor 3 Tahun 2017 tentang Perumda BPR Mukomuko, total modal awal dari APBD Kabupaten yang akan dikucurkan ke BPR mencapai Rp 10 miliar. Penyertaan modal itu ditargetkan tuntas tahun 2020.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*