Rp 7 Miliar Lebih Gaji Honorer Cair

BENGKULU, BE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, telah mencairkan gaji tenaga guru tidak tetap (GTT) atau biasa disebut honorer SMA/SMK/SLB Agustus-September 2020. Anggaran honorer yang telah dicairkan itu senilai Rp 7,086 miliar. Dana tersebut tersebar di 10 kabupaten/kota.

“Dana guru PTT dan GTT sudah kita cairkan. Pencairannya dilakukan secara transfer sehingga sudah bisa dicek di rekeningnya,” beber Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu, Drs Eri Yulian Hidayat MPd melalui Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Drs Multazam.

Dana terbesar diterima di Kota Bengkulu senilai Rp 1,061 Miliar, disusul Kabupaten Bengkulu Utara Rp 1,113 Miliar, Rejang Lebong Rp 766 juta, Bengkulu Selatan Rp 694 juta, Mukomuko Rp 519 juta, Kaur Rp 518 juta, Seluma Rp 541 juta, Kepahiang Rp 274 juta, Bengkulu Tengah Rp 249 juta dan Kabupaten Lebong Rp 200 juta.

Lebih lanjut diterangkan Multazam, jumlah kucuran anggaran tersebut mengalami peningkatan Rp 15 juta dari pencairan bulan sebelumnya. Peningkatan tersebut lantaran adanya penambahan jumlah tenaga guru honorer non muslim di 8 kabupaten, terkecuali Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Penambahan juga disebabkan adanya kekurangan bayar pada Agustus dan september 2020.

Seperti diketahui jumlah tenaga guru honorer tingkat SMA/SMK/SLB se-Provinsi Bengkulu sebanyak 3.379 orang. Rinciannya GTT dan PTT SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu 2.940 orang, guru SLB (PKLK) 67 orang, GTT (GBD) 273 orang dan PTT (PTD) 99 orang. Jumlah tersebut mengalami pengurangan dikarenakan memasuki masa pensiun dan mengundurkan diri. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*