Rp 600 Miliar Diusulkan Penanganan Pasca Bencana

duit
foto : ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, akan mengusulkan penanganan pasca bencana alam yang terjadinya bulan lalu dihampir semua wilayah Provinsi Bengkulu kepada pemerintah pusat. Tidak tanggung-tanggung, pemprov akan mengusulkan penanganan pasca bencana alam itu sekitar Rp 600 miliar. Proposal usulan itu disampaikan kepada tiga instansi pemerintah pusat, yaitu Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Proposal usulannya sudah siap untuk disampaikan,” terang Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah kepada BE, kemarin (21/5).

Dalam proposal itu, lanjut Rohidin akan dipaparkan semua data validasi kerusahaan infrastruktur maupun lainnya akibat bencana alam banjir dan tanah longsor. Kerusahaan yang parah tersebut, diyakini pemerintah pusat akan membantu memberikan anggaran penanganan pasca bencana alam. “Nanti tim dari BNPB akan turun, memastikan kerusakan infrastruktur yang terjadi,” tambahnya.

Pada pengusulan nanti, semua bupati/walikota yang wilayahnya terkena dampak bencana akan mempresentasikan proposal tersebut secara bersama-sama ke tiga instansi pemerintah pusat tersebut. Sehingga bisa lebih meyakinkan pemerintah pusa memberikan bantuan. “Para bupati/walikota akan presentasi kondisi infrastruktur yang rusak,” tegas Rohidin.

Tidak hanya itu, untuk mencari penyebab terjadi bencana alam baik banjir dan tanah longsor itu, gubernur akan melibatkan semua pihak. Baik itu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kementerian PUPR, pihak perguruan tinggi dan pihak-pihak berkompeten lainnya. “Nanti dievaluasi apa penyebabnya,” paparnya.

Dari hasil evaluasi tersebut, tentunya gubernur juga meminta untuk merumuskan langkah strategis sistem pencegahaan bencana alam. Sehingga bencana alam banjir dan tanah longsor itu tidak kembali terjadi. “Setelah usulan proposal selesai, maka evaluasi ini segara dilakukan,” terang Rohidin.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Ferry Ramli mengatakan, dirinya juga sudah mengajukan usulan kerusahaan pasca bencana alam yang terjadi di Benteng, kepada gubernur. “Saya mohon bantuan kepada kementerian pusat, dan saya minta pak gubernur bisa menyuratinya,” ujar Ferry.  Kondisi terparah akibat bencana alam itu memang terjadi di Bengkulu Tengah. Untuk itu, Bupati meminta bisa segara memberikan bantuan pemulihan pasca bencana alam tersebut. (151)