Rp 55 Miliar untuk Peningkatan Jalan

HL ilustrasi
foto:ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Anggaran sebesar Rp 55 miliar diplotkan untuk peningkatan badan jalan menjadi konstruksi hotmix. Dengan dana tersebut diyakini mampu untuk menuntaskan pekerjaan hotmix jalan sepanjang 20 kilometer. Pagu dana itu, diluar dari pagu dana yang diperuntukkan untuk pengadaan perencanaan, konsultan dan pengawasan.

Pembagian pagu dana puluhan miliar tersebut, diantaranya Rp 8,49 miliar lanjutan peningkatan jalan dari Desa Sumber Mulya ke Desa Bumi Mulya. Satu paket peningkatan jalan Dusun V ke Dusun I Desa Marga Mukti, jalan Bambu Kuning ke Wonosobo, jalan Desa Sumber Makmur Kecamatan Penarik dan jalan Desa Air Kasai Kecamatan Air Dikit.

Sebesar Rp 7,29 miliar untuk kegiatan peningkatan jalan di Agung Jaya hingga ke Selagan Jaya, jalan Air Putih Desa Tirta Makmur, jalan RT 7 ke RT 8 Tirta Mulya Kecamatan Air Manjuto, jalan Padat Karya Kelurahan Bandar Ratu dan jalan ke TPA Kecamatan Kota Mukomuko. Sebesar Rp 6,6 miliar diperuntukan peningkatan jalan simpang PT.

Maju ke Desa Talang Baru, ke simpang Desa Talang Arah hingga ke simpang perambah hutan, yang merupakan proyek lanjutan tahap ketiga. Selanjutnya Rp 6,36 miliar, khusus untuk penanganan dan peningkatan jalan simpang WK ke Sinar Jaya, berlanjut ke Pondok Panjang, yang juga merupakan lanjutan tahap kedua.

Selanjutnya, jalan Tanjung Harapan ke Manunggal Jaya, jalan MTsN Ipuh, jalan wisata Batu Kumbang Pulau Baru Kecamatan Ipuh dan jalan Desa Tirta Kencana serta jalan Desa Bukit Harapan SP6 Kecamatan Air Rami juga mendapat perhatian. Pemkab Mukomuko sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 5,73 miliar.



Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi ST MT menyampaikan, masih ada sejumlah paket pekerjaan lain, juga peningkatan jalan menjadi konstruksi hotmix. Diantaranya, jalan Desa Talang Gading, jalan pasar Desa Gajah Mati, jalan Desa Padang Gading, jalan Desa Retak Mudik, jalan Pesantren Al-Ihsan Kecamatan Sungai Rumbai.

Dan juga jalan poros dalam Desa Karya Mulya ke Jembatan Air Obah Kecamatan Pondok Suguh, dengan dana Rp 5,62 miliar, peningkatan jalan Desa Ranah Karya – SMK, jalan Desa Arah Tiga Kecamatan Lubuk Pinang, jalan Lubuk Sanai – Tanjung Mulya (SP.9) dan jalan Kadus 1 – Pondok Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto, anggarannya juga mencapai miliaran rupiah. “Pihaknya menargetkan seluruh pekerjaan mulai berjalan sebelum Juni 2019,” lanjut Ruri.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*