Rp 5,5 Miliar Bangun 4 Jembatan

JEMBATAN : Jembatan menuju Kantor Camat Uram Jaya salah satu jembatan yang masuk program Bidang BM Dinas PUPRP-Hub tahun 2020.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Bidang Bina Marga (BM) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perubungan (Dinas PUPR-Hub) Kabupaten Lebong akan melakukan pembangunan lanjutan sebanyak 4 jembatan.

Dana yang disiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 sebesar Rp 5,5 miliar lebih.Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPR-Hub) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata SE MM melalui Kepala Bidang (Kabid), Haris Santoso ST mengatakan, dalam pengerjaan jembatan masing-masing 2 paket pembangunan baru dan 2 paket lanjutan.

“Itu untuk kegiatan kita di tahun 2020 ini untuk jembatan,” jelasnya, minggu (01/03).

Untuk pembangunan jembatan baru, sambungnya, akan dilaksanakan di Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya dengan dana sebesar Rp 2,5 miliar dengan panjang bentang jembatan 24 meter berupa jembatan beton.

Selanjutnya jembatan di Desa Talang Leak II yang sebelumnya rusak akibat diterjang banjir bandang.“Untuk Desa Talang Leak II berupa jembatan gantung dengan panjang lebih kurang 65 meter dengan dana sebesar Rp 1 miliar,” sampainya.

Menurutnya, untuk 2 paket lanjutan pembangunan jembatan, yaitu di Desa Karang Dapo dan jembatan menuju Kecamatan Uram Jaya yang sebelumnya di tahun 2018 yang lalu, pembangunanya belum selesai dibangun pihak rekanan dan baru dilanjutkan di tahun 2020 ini.“Untuk kedua jembatan dana yang disiapkan masing-masing sebesar Rp 500 juta,” ujarnya.

Untuk pembangunan, sambungnya, saat ini masih dalam tahap perencanaan dan jika tidak ada halangan di awal Maret ini sudah bisa dilakukan proses lelang. Sehingga pengerjaan bisa cepat dilaksanakan dan bisa selesai tepat waktu.

“Kita akan cepat melakukan proses lelang, sehingga pembangunan jembatan baru maupun lanjutan, tidak tertunda atau tidak selesai di tahun 2020 ini,” tutupnya.(614)