Rp 500 Juta Bangun Pengolahan Sampah


pasar kutau

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka mengantisipasi sampah-sampah yang berserakan khususnya di kawasan pasar Kutau, Kota Manna, Bengkulu Selatan (BS). Pemda Bengkulu Selatan akan membangun tempat pengolahan sampah. Bahkan diperkirakan dalam waktu dekat segera dibangun.

“ Dana untuk pembangunan tempat pengolahan sampah di pasar Kutau sebesar Rp 500 Juta,” kata kepala Dinas Lingkungan Hidup, Erwin Muchsin S Sos melalui Kasi Pengawasan Sampah dan Limbah, Edi Hermanto ST.

Edi mengatakan, tempat pengolahan sampah nanti akan dilengkapi dengan mesin pencacah. Kemudian ada motor roda tiga untuk pengangkutan sampah dari areal pasar Kutau. Kemudian dengan mesin tersebut, sampah akan diolah menjadi pupuk kompos.

“ Khusus sampah yang tidak bisa diolah menjadi pupuk kompos akan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA),” ujarnya.

Edi menambahkan, untuk pengelolaan sampah dan juga tempat pengolahannya akan diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok swadaya masyarakat. Sehingga dengan adanya tempat pengolahan sampah ini, diharapkan ke depan sampah-sampah di pasar kutau tidak lagi berserakan. Kemudian dimasukan ke mesin pengolah sampah. Lalu bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. “ Semoga dengan terobosan ini, pasar kutau menjadi lebih bersih dan tertata rapi,” harap Edi. (369)