Rp 50 Juta untuk Bantuan Bimbang Adat

-Rispin Junaidi MPd

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pemda Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya melestarian seni budaya bimbang adat. Oleh karena itu, Pemda Bengkulu Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan anggaran bantuan bagi warga yang akan menggelar acara bimbang adat.

“Untuk bantuan melestarikan bimbang adat, pada tahun ini kami menyediakan anggaran Rp 50 juta,” kata Pelaksana Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan, Ir Susmanto MM melalui Sekretarisnya, Rispin Junaidi MPd.

Rispin mengatakan, dana tersebut diperuntukan bagi 20 warga Bengkulu Selatan yang akan menggelar acara bimbang adat. Masing-masing warga mendapatkan bantuan Rp 2,5 juta. Sehingga dengan adanya bantuan tersebut,diharapkan, warga Bengkulu Selatan dapat melestarikan seni bimbang adat. Dengan begitu, ke depannya budaya tersebut tetap dikenal oleh anak cucu dan tetap lestari. “ Masing-masing warga yang menggelar bimbang adat, kami bantu Rp 2,5 juta,” ujarnya.

Rispin menjelaskan, jika warga ingin mendapatkan bantuan tersebut, sebelum menggelar acara bimbang adat, warga dapat mengajukan surat permohonan ke Bupati Bengkulu Selatan dan diteruskan ke Dinas Dikbud Bengkulu Selatan. Surat pemberitahuan tersebut diketahui kepala desa atau lurah setempat dengan melampirkan surat undangan pelaksanaan bimbang adat. “Mudah-mudahan dengan upaya ini kegiatan bimbang adat di Bengkulu Selatan dapat terus dilestarikan,” harap Rispin. (369)