Rp 5 Miliar Bantuan Kelurahan

pengelapan uang CCCangTAIS, BE-Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Seluma, Drs H Mulkan Tajudin MM kembali mengungkapkan, tahun anggaran 2013 akan ada program bantuan langsung kepada kelurahan. Tak tanggung-tanggung, programnya APBD akan diplot Rp 5 miliar untuk dibagikan ke 20 kelurahan yang ada atau Rp 250 juta per kelurahan.

Sebelum ini, diketahui Sekkab sudah menlontarkan program Pemkab memberikan bantuan Rp 160 juta per desa, dalam tahun anggaran 2013 ini. Sehingga 181 desa dan 20 kelurahan yang ada di 14 kecamatan, seluruhnya bakal mendapatkan program bantuan tersebut.

“Program ini semua dilakukan tidak lain untuk melakukan pemerataan pembangunan. Semoga rencana ini dapat mewujudkan desa dan kelurahan yang lebih baik,” ungkap Sekkab Mulkan Tajudin.

Menurutnya, dana Rp 250 juta yang diperoleh kelurahan nantiknya dapat dipergunakan untuk pembangunan kantor kelurahan maupun keperluan pembangunan lainnya. Harapannya, mulai tahun 2013 ini nanti, tidak ada lagi kelurahan yang tak mempunyai bangunan kantor sebagai pusat pelayanan masyarakat.

”Diharapkan kelurahan membentuk tim pembangunan di kulrahan masing-masing. Program yang dapat dilakukan, misalnya pembangunan WC umum, jalan gang, jalan ke lokasi pemandian hingga honor pegawai kelurahan yang belum PNS,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Seluma, Jonaidi SP menegaskan pihaknya sudah menyepakati rencana program bantuan kepada desa dan kelurahan tersebut. “Dana yang nanti dianggarkan, silahkan untuk digunakan membangun jalan sentra produksi atau infratsruktur lainnya. Boleh juga untuk honor pengurus masjid dan ibadah lainnya” katanya.  (333)