Rp 35 M untuk Jalan Provinsi

Jalan Provinsi menuju Kecamatan Sindang Dataran yang pengerjaannya ditunda tahun 2017.  Pada tahun 2018 ini, Pemprov Bengkulu mengucurkan anggaran Rp 35 M untuk pembangunan jalan provinsi di Rejang Lebong.
Jalan Provinsi menuju Kecamatan Sindang Dataran yang pengerjaannya ditunda tahun 2017. Pada tahun 2018 ini, Pemprov Bengkulu mengucurkan anggaran Rp 35 M untuk pembangunan jalan provinsi di Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu pada tahun 2018 ini akan kembali melakukan perbaikan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana anggaran untuk perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut mencapai Rp 35 miliar.

“Khusus untuk perbaikan infastruktur khususnya jalan, tahun ini Pemerintah Provinsi Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk jalan provinsi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong, Yusran Fauzi saat ditemui Selasa (20/3) kemarin.

Dijelaskan Yusran, beberapa jalan provinsi yang akan dilakukan perbaikan tersebut antara lain, jalan dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) menuju Kecamatan Kota Padang dengan panjang sekitar 24 Km dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 7 miliar.

Kemudian peningkatan jalan Tanjung Heran menuju Tanjung Hening sepanjang 7 Km dari total panjang sepanjang 15 Km dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 13 miliar. Selanjutnya peningkatan jalan dari Kota Curup ke Simpang Nangka sepanjang 15 Km dengan anggaran Rp 6 miliar.
“Paket lainnya yaitu pembangunan Jalan Suprapto yang tinggal sedikit lagi itu, dengan naggaran yang disiapkan sebesar Rp 3 miliar,” papar Yusran Fauzi.
Sementara itu, untuk jalan provinsi menuju Kecamatan Sindang Dataran, menurut Yusran, untuk APBD Provinsi Bengkulu tahun 2018 tidak dianggarkan. Karena pengerjaan yang dilakukan tahun 2017 lalu bermasalah, sehingga pembangunan lanjutan yang menyisakan sekitar 10 Km lagi tersebut, ditunda terlebih dahulu.

“Untuk jalan menuju Bengko, sebelumnya sudah masuk KUA PPAS tahun 2018 ini, namun karena yang tahun kemarin bermasalah, sehingga harus ditunda terlebih dahulu,” jelas Yusran.

Sementara itu, sebelumnya Plt Gubernur Bengkulu, Dr drh Rohidin Mersyah MMA, saat membuka Musrenbang Kabupaten Rejang Lebong Senin (19/3) kemarin menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menargetkan seluruh jalan provinsi akan mulus pada tahun 2021 mendatang.

Namun menurut Rohidin, pengerjaan jalan provinsi tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, yaitu sebanyak 20 persen setiap tahun. Kemudian menurutnya, sistem pengerjaanya juga dilakukan berdasar ruas jalan tersebut, bukan setengah-setengah sehingga hasilnya akan langsung kelihatan.

“Dengan sistem pembangunan berdasarkan ruas jalan, maka menurutnya bisa saja anggaran yang diterima setiap kabupatennya akan berbeda,” terang Rohidin.

Rohidin mencontohkan seperti yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2017 lalu. Hal tersebut dikarenakan saat ini pemerintah Provinsi Bengkulu tengah fokus memperbaiki seluruh jalan provinsi yang ada di Kota Bengkulu sehingga banyak APBD Provinsi Bengkulu, khususnya untuk perbaikan jalan digunakan di Kota Bengkulu. (251)