Rp 300 Juta untuk Kontainer Sampah

kontainersampahBENGKULU, BE – Rp 300 juta dialokasikan oleh Dinas Pertamanan, Pemakaman dan Kebersihan (DPPK) Kota Bengkulu untuk memperbaiki kontainer pengangkut sampah. Demikian diungkapkan Kepala DPPK Kota Bengkulu Drs Hilman Fuadi, belum lama ini. “Seluruh kontainer yang rusak akan kita perbaiki dengan dana ini. Sejauh ini sudah ada 4 kontainer yang kita perbaiki,” ujarnya.
Diungkapnya juga, perbaikan ini tidak dapat dilakukan dengan sekaligus, melainkan bertahap. Pasalnya, sebelum diperbaiki, pihaknya harus memastikan kontainer dalam keadaan sedang tidakterpakai. “Karena kontainer itu kan digunakan setiap hari. Jadi saat sedang memperbaiki yang satu, kita harus memastikan pengangkutan sampah tetap terus berjalan. Kalau tidak begitu, khawatirnya nanti sampah-sampah yang ada tidak terbuang kalau seluruh kontainer kita perbaiki sekaligus,” tukasnya.
Dijelaskannya, perbaikan ini sifatnya swakelola. Artinya, dia bilang, pengerjaannya tanpa harus melalui tahapan lelang. “Sudah ada pihak bengkel yang kita tunjuk untuk melakukan perbaikan ini. Yang satu di daerah Danau Dendam, yang lainnya di daerah di Padang Dedok,” paparnya.
Hilman juga mengungkapkan bahwa upaya perbaikan ini juga selaras dengan program Pemda Kota untuk menciptakan Bengkuluku Bersih. Sehingga, katanya, pengelolaan kebersihan kota dapat semakin mantap dilakukan bila diangkut menggunakan kontainer yang baik. “Sekali lagi ini tidak berarti membuat program pengangkutan sampah berhenti. Kita berharap pengangkutan sampah kedepan semakin lebih baik,” pungkasnya. (009)