Rp 28 Miliar, DD Masuk Kas Daerah

foto:IST

TAIS,Bengkulu Ekspress – Sebentar lagi, 182 desa di Kabupaten Seluma, mendapatkan dana desa (DD) tahap awal tahun 2019. Saat ini, anggaran DD tahap awal sudah masuk ke kas daerah (Kasda) sebesar Rp 28 miliar. Bagi desa yang sudah melengkapi syarat bisa langsung memproses pencairan DD tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma Deddy Ramdhani SE MSE MA mengatakan kepada Bengkulu Ekspress, ”Bagi desa silahkan mengajukan pencairan.”
Tentunya harus dengan syarat yang sudah dilengkapi terlebih dahulu.

Syarat dimaksud, seperti menyelesaikan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Kemudian, Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes). Termasuk mendapatkan rekomendasi pencairan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

“Anggaran DD sudah standby di kas daerah Rp 28 miliar. Bagi desa yang sudah lengkap silahkan ajukan pencairan akan segera kami proses. Asalkan syaratnya sudah lengkap,” tegas Kepala BPKD Seluma.



Pada 2019 ini, dari 182 desa di Kabupaten Seluma, hampir seluruhnya mendapatkan kucuran DD mencapai Rp 1 miliar, meski masih ada yang di bawah Rp 1 miliar. Tergantung jumlah penduduk, kondisi wilayah, serta kebutuhan pembangunan di desa mereka.

Sama seperti 2018, DD 2019 ini disalurkan dalam tiga tahapan. Yakni tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ke ketiga 40 persen.

Selanjutnya, untuk pencairan tahap kedua nanti. Pemerintah desa harus melampirkan bukti realisasi tahap I ini sebesar 20 persen. Setelah semua pertanggungjawaban lengkap baru bisa pengajuan pencairan tahap selanjutnya.

“Asalkan semua syarat lengkap, kami tidak akan menunda agar pembangunan ditingkat desa bisa segera dilaksanakan oleh pemerintah desa, serta manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Kepala BPKD Seluma. (333)